Kompas.com - 21/12/2012, 15:08 WIB
EditorErvan Hardoko

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Harian Persipura Jayapura, La Siya, menyatakan pihaknya bersedia melepas pemainnya untuk membela tim nasional jika task force memberi mandat. Hal itu sesuai keputusan Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI).

PSSI memang telah merilis nama 43 pemain yang diproyeksikan memperkuat tim nasional Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2015 Australia yang digelar mulai Februari mendatang.

Dari ke-43 pemain tersebut, ada beberapa pemain "Mutiara Hitam" seperti Ricardo Salampessy, Immanuel Wanggai, Boaz Solossa, Patrich Wanggai, Ian Kabes, Ferinando Pahabol, dan Lukas Mandowen.

Namun, sebagaimana yang disampaikan, Ketua Umum PSSI versi KPSI, La Nyalla Mattalitti, pihaknya bersedia melepas pemain Indonesia Super League (ISL) ke tim nasional Indonesia dengan syarat disetujui task force.

"Kami manajemen Persipura tetap berpegang terhadap keputusan KPSI yang akan melepas pemain jika task force mengizinkan kami melepas pemain," kata La Siya saat dihubungi wartawan, Jumat (21/12/2012).

"Kami juga meminta kepada PSSI untuk menerbitkan surat resmi pemanggilan pemain serta surat resmi dari task force untuk melepas pemain," tegasnya.

PSSI telah merencanakan bahwa 43 pemain tersebut akan melakoni pemusatan latihan mulai 4 Januari 2013. Kemungkinan besar pelatnas bakal digelar di Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nilmaizar diharapkan bisa menyiapkan timnya sebaik mungkin mengingat Indonesia harus menghadapi tim-tim raksasa sepak bola Asia, yakni Irak (juara Asia 2007), Arab Saudi (juara Asia tiga kali), dan China di Grup C.

Nantinya, setiap juara dan runner-up grup plus tim peringkat ketiga terbaik di antara lima grup itu akan lolos ke putaran final Piala Asia 2015 yang akan digelar di Australia tahun 2015.

Adapun putaran final Piala Asia 2015 akan digelar di empat kota di Australia, yaitu Melbourne, Brisbane, Sydney, dan Canberra. Terakhir kali Indonesia tampil di Piala Asia yakni tahun 2007 saat menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Tim Merah Putih gagal lolos ke Piala Asia 2011 Qatar setelah sebelumnya selalu tampil di empat Piala Asia secara beruntun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.