Vettel "Dewa Balapan" dan Terima Kasih Schumi...

Kompas.com - 26/11/2012, 22:37 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

BERLIN, KOMPAS.com — Media Jerman menyanjung pebalap andalan negara tersebut, Sebastian Vettel, yang baru saja merebut gelar juara dunia Formula 1 untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Dalam sejumlah surat kabar terbitan Senin (26/11/2012), Vettel digambarkan sebagai "Dewa Balapan", di samping ada juga yang memberikan penghormatan kepada juara dunia tujuh kali, Michael Schumacher, yang memutuskan untuk pensiun.

Vettel hanya finis di posisi keenam pada seri terakhir F1 musim 2012 di Sirkuit Interlagos, Brasil, Minggu (25/11/2012). Meskipun demikian, posisi tersebut sudah cukup baginya untuk kembali meraih trofi paling bergengsi di ajang adu kecepatan "jet darat" ini, yang membuatnya tercatat dalam sejarah sebagai pebalap termuda yang menjuarainya tiga kali secara beruntun.

Kemenangan Vettel ini menghiasi halaman depan media-media di Jerman. Surat kabar terbesar di Jerman, Bild, menurunkan tulisan "kegilaan Vettel". "Anda sekarang seorang 'Dewa Balapan', di usia 25 tahun, pebalap termuda sepanjang masa yang merebut gelar juara dunia sebanyak tiga kali," demikian tulisannya.

The Sueddeutsche Zeitung membandingkan Vettel dengan legenda Juan Manuel Fangio dan bintang mereka "Schumi". "Untuk Vettel, ini adalah gelar ketiga secara beruntun. Dalam 62 tahun Formula 1, hanya dua pebalap yang melakukan itu: Fangio dan Schumacher. Itu memperlihatkan bahwa Vettel juga bergabung.

"Pada usia 25 tahun dia merupakan pebalap termuda dan dengan jarak prestasi ini memperlihatkan bahwa dia masih bisa melakukannya," tambah Sueddeutsche.

Vettel juga mendapatkan pujian dari Kanselir Jerman, Angela Merkel, serta bintang tenis Boris Becker.

"Begitu sering pada musim ini dia menunjukkan kekuatan karakter yang luar biasa dan keterampilan mengemudi di Sao Paulo. Seperti jutaan penggemar, saya senang melihat bagaimana perjuangannya di kejuaraan dunia ini setelah mengalami awal yang sulit," ujar Merkel.

Becker menge-tweet: "Vettel merupakan pebalap yang menakjubkan."

Meskipun hanyut dalam euforia kesuksesan Vettel, media Jerman pun tak melupakan pahlawan mereka yang lain, Schumacher, yang menjadi orang pertama yang memberikan selamat kepada Vettel setelah GP Brasil.

Harian The Die Welt menyediakan sebuah halaman penuh untuk juara dunia tujuh kali tersebut, dan menulis headline: "Bagus dan terima kasih."

"Terima kasih dan selamat tinggal," tulis Frankfurter Allgemeine Zeitung dalam bahasa Inggris.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X