Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vettel Menjaga Peluang Hattrick Juara Dunia

Kompas.com - 25/11/2012, 03:26 WIB

Sao Paulo, Jumat - Peluang Sebastian Vettel menjadi juara dunia untuk ketiga kalinya semakin besar setelah tampil konsisten sebagai yang tercepat kedua pada dua kali latihan bebas di Sirkuit Interlagos, Brasil, Jumat (23/11). Fernando Alonso, rival terdekatnya, hanya mampu merebut posisi kelima.

Waktu tercepat pada seri terakhir ini dicetak Lewis Hamilton, yang menjadi juara di seri AS, pekan lalu. Hamilton mencatat waktu 1 menit 14,131 detik di latihan pertama dan 1 menit 14,026 detik di latihan kedua.

Vettel, yang saat ini berada di puncak klasemen dengan selisih 13 poin dari Alonso, hanya membutuhkan tambahan 12 poin atau finis keempat di Brasil untuk menjadi juara dunia. Dengan tampil konsisten sebagai yang tercepat kedua pada latihan bebas, Vettel diperkirakan bakal tampil prima dan merebut podium saat lomba, yang berlangsung Minggu siang waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Apalagi, Vettel juga selalu tampil konsisten dengan merebut podium di enam seri terakhir, termasuk ketika start paling belakang di seri Abu Dhabi.

Konsistensi itu bakal menjadi penghalang bagi Alonso merebut gelar juara dunia dari tangan Vettel. Untuk menjadi juara di musim ini, Alonso bukan hanya harus menjadi juara di Brasil, melainkan juga harus disertai kesialan Vettel untuk finis di posisi kelima atau lebih buruk.

Jika Vettel finis di posisi keempat dan Alonso menjadi pemenang, kedua pebalap akan memiliki nilai yang sama, yaitu 285 poin. Namun, Vettel diuntungkan karena meraih gelar juara seri lebih banyak, yaitu lima kali, dibandingkan Alonso yang hanya menjuarai tiga seri. Berdasarkan peraturan, peraih gelar juara dunia ditentukan melalui penghitungan jumlah seri yang telah dimenangkan jika ada pebalap yang memiliki nilai sama.

Namun, Vettel tidak mau terlalu percaya diri dengan mengatakan semua hal masih dapat terjadi sampai lomba berakhir. Vettel meminta tim Red Bull memastikan keandalan mobilnya agar tidak ada masalah saat lomba. ”Saya mengkhawatirkan keandalan mobil karena gangguan alternator yang berulang. Saya mengalaminya dua kali dan Mark Webber juga mengalami saat di seri AS, pekan lalu,” kata Vettel.

Alternator adalah peralatan elektromekanik yang mengonversikan energi mekanik menjadi energi listrik arus bolak-balik.

Sementara itu, Alonso berjanji akan tetap berjuang untuk memenangi F1 Brasil. Namun, Alonso tidak berani berjanji merebut gelar juara dunia karena ada faktor posisi finis Vettel yang ikut menentukan. (afp/bbc/eca)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com