Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hector Camacho Dinyatakan Mati Otak

Kompas.com - 23/11/2012, 10:32 WIB

SAN JUAN, KOMPAS.com — Direktur Rumah Sakit Centro Medico, Rio Pedras, Puerto Riko, Ernesto Torres, mengatakan, legenda tinju Hector "Macho" Camacho secara klinis dinyatakan mati otak setelah tertembak pada Selasa lalu.

"Secara klinis, Hector 'Macho' Camacho dinyatakan mengalami mati otak," kata Ernesto dalam jumpa pers, Kamis (22/11/2012) malam waktu setempat.

Ernesto menambahkan, nyawa Camacho sepenuhnya bergantung pada berbagai peralatan medis yang membantu pernapasan dan detak jantungnya sehingga, lanjut dia, pihak keluarga yang akan memutuskan kelanjutan penggunaan berbagai peralatan tersebut.

Pengumuman ini dikeluarkan 30 jam setelah petinju berusia 50 tahun itu tertembak di dalam mobilnya di San Juan, Puerto Riko. Hingga kini belum jelas apakah Camacho memang sasaran penembakan itu atau hanya menjadi korban peluru nyasar.

Dalam penembakan itu, pengemudi mobil Camacho, Alberto Mojica Moreno (49), meninggal dunia di lokasi kejadian.

Sebelum mengumumkan kondisi terakhir Camacho ini, Ernesto Torres menyampaikan bahwa peluru telah menghancurkan tiga pembuluh darah arteri di leher sang legenda. Akibatnya, darah tak bisa mengalir lancar ke otak.

Camacho, yang asli kelahiran Puerto Riko, adalah salah satu petinju paling terkenal di era 1980-an.

Sepanjang kariernya, dia mencatatkan 79 kali kemenangan dengan 38 kemenangan di antaranya dengan KO. Dia sudah menghadapi sejumlah petinju terkenal di masa itu, misalnya, Oscar De La Hoya, Julio Cesar Chavez, Sugar Ray Leonard, Felix Trinidad, Ray Mancini, dan Greg Haugen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com