Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konflik Gaza Batalkan Kongres Olimpiade

Kompas.com - 21/11/2012, 18:37 WIB
Ika Widya Mustika

Penulis

YERUSALEM, Kompas.com — Komite Olimpiade Nasional Eropa membatalkan kongres yang akan mereka adakan di kota Eilat, Israel, bulan depan. Menurut seorang juru bicara Israel, Selasa (20/11/2012), hal itu dilakukan akibat pertempuran antara pasukan Israel dan militan Gaza.

Eilat, sebuah kota resor yang berada di selatan tepi Laut Merah, direncanakan menjadi tempat pertemuan event tahunan selama tiga tahun terakhir, dan tahun lalu terpilih menjadi tuan rumah pada 7-8 Desember. Akan tetapi karena halangan tersebut,  Roma ditunjuk sebagai tempat penyelenggara sehingga tak ada perubahan tanggal.

"Banyak delegasi yang berpartisipasi prihatin dengan pertempuran yang terjadi, dan karena serangan roket yang jatuh di negara bagian selatan di daerah Tel Aviv," ujar juru bicara Bruria Bigman.

Presiden Komite Olimpiade Internasional Janques Rogge, Presiden Panitia Olimpiade Rio 2016 Carlos Nuzman, dan Kepala Panitia Olimpiade London 2012 Sebastian Coe termasuk di antara 400 peserta dalam acara tersebut.

Pada hari Minggu (18/11/2012), warga Eilat melaporkan bahwa mereka mendengar ledakan, tetapi seorang juru bicara kepolisian mengatakan bahwa meskipun hanya sapuan perbukitan tandus di sekitar kota,  telah menjadi kekhawatiran.

Militan Palestina baru-baru ini melepaskan tembakan roket ke Eilat, yang merupakan tujuan wisata yang populer. Daerah tersebut memiliki bandara kecil, tetapi padat. Gurun Sinai di Mesir menjadi tempat peluncuran roket. Kota ini juga menjadi tuan rumah bagi banyak kongres dan acara olahraga internasional.

Tak cuma pembatalan kongres. Pertempuran itu juga memberikan dampak terhadap jadwal sejumlah olahraga di Israel, dan pada pekan lalu Asosiasi Sepak Bola Israel membatalkan dua jadwal pertandingan akhir pekan Premier League karena polisi dan militer melarang sebab takut adanya serangan roket.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com