Andre dan Belaetrix Lolos ke Babak Utama - Kompas.com

Andre dan Belaetrix Lolos ke Babak Utama

Kompas.com - 20/11/2012, 16:28 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Dua wakil Indonesia melaju ke babak utama turnamen Hongkong Terbuka Superseries, setelah melewati hadangan di babak kualifikasi, Selasa (20/11/2012). Andre Kurniawan Tedjono dan Belaetrix Manuputi berhasil mengalahkan dua lawan mereka sehingga berhak tampil di babak utama turnamen berhadiah 350.000 dollar AS ini.

Andre, yang menjadi unggulan keempat di kualifikasi tunggal putra, lebih dulu membungkam pemain Rusia, Ivan Sozonov, dengan 21-13, 21-9. Setelah itu, pemain PB Djarum Kudus ini menyingkirkan pemain Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk, dengan 19-21, 21-10, 21-14.

Dengan demikian, Andre bergabung dengan empat pemain lainnya yang langsung tampil di babak utama, yaitu Taufik Hidayat, Tommy Sugiarto, Sony Dwi Kuncoro, dan Dionysius Hayom Rumbaka. Akan tetapi, Andre langsung bertemu lawan sangat berat, yaitu unggulan kedua dari China yang pekan lalu menjuarai China Terbuka Superseries Premier, Chen Long.

Sementara itu, Taufik yang tergabung di paruh atas undian, menghadapi pemain Jepang, Takuma Ueda. Jika lolos, Taufik yang tidak diunggulkan dalam event ini akan menghadapi pemenang antara unggulan keenam dari Jepang, Kenichi Tago, dengan pemain Malaysia, Chong Wei Feng.

Sony dan Tommy tergabung di paruh bawah dan berpeluang bertemu di babak perempat final jika berhasil mengalahkan lawan-lawannya. Sony mengawali perjuangannya melawan pemain muda Denmark, Hans-Kristian Vittinghus, dan bila lolos akan menghadapi pemenang antara unggulan ketiga dari China, Chen Jin, dengan pemain Jerman, Marc Zwiebler.

Tommy pun akan bertemu lawan cukup berat di babak pertama, yaitu pemain Hongkong Wong Wing Ki. Bila melewati hadangan pemain tersebut, putra dari mantan pebulutangkis nasional Icuk Sugiarto, akan menghadapi pemenang antara unggulan ketujuh dari Denmark, Jan O Jorgensen, dengan pemain India, Kashyap Parupalli.

Hayom pun berada di paruh bawah dan akan berjumpa pemain Malaysia, Daren Liew, di babak pertama. Apabila berhasil melewati hadangan ini, Hayom akan bertemu Andre atau Chen Long.

Belaetix pun berhasil menyegel tiket babak utama. Pada babak pertama dia menang 21-18, 21-18 atas pemain Vietnam, Cheung Ngan Yi, sebelum menaklukkan unggulan ketiga dari Jepang, Nozomi Okuhara, dengan 1-21, 21-16, 21-18 untuk lolos ke babak utama.

Lolosnya Belaetrix membuat Indonesia memiliki lima wakil di babak utama untuk sektor tunggal putri. Selain Belaetrix, ada Desi Hera dan Lindaweni Fanetri yang tergabung di paruh atas, serta Adrianti Firdasari dan Aprilla Yuswandari (serta Belaetrix) di paruh bawah.

Desi Hera akan mengawali perjuangannya melawan pemain Taiwan, Pai Hsiao Ma. Apabila lolos, Desi akan bertemu pemenang antara unggulan kedelapan dari Korea Selatan, Sung Ji Hyun, dengan pemain tuan rumah, Yip Pui Yin.

Sementara itu Lindaweni bertemu pemain China, Chen Xiao Jia. Bila lolos dari hadangan "tembok China" tersebut, Lindaweni akan menghadapi pemenang antara unggulan kelima dari Jerman, Juliane Schenk, dengan pemain Taiwan, Tai Tzu Ying. Lindaweni dan Desi akan bertemu di semifinal jika terus melaju.

Lawan berat akan dihadapi Firdasari, karena langsung bertemu pemain muda Thailand, Ratchanok Intanon, yang pekan lalu menjadi runner-up China Terbuka Superseries Premier. Bila menang, Firdasari akan bertemu pemenang antara unggulan ketujuh dari China, Jiang Yanjiao, dengan pemain Jepang, Eriko Hirose.

Mirip Firdasari, Aprilla pun langsung dihadapkan pada lawan yang sangat berat, yaitu unggulan ketiga dari India, Saina Nehwal. Pemenang partai ini akan menghadapi pemain kualifikasi dari China, Wang Lin, atau pemain Singapura, Gu Juan.

Sedangkan Belaetrix bertemu lawan yang relatif mudah, yaitu pemain India Sindhu PV. Jika lolos, dia akan bertemu pemenang antara unggulan kedua dari China yang pekan lalu juara China Terbuka Superseries Premier, Li Xuerui, dengan pemain Singapura, Fu Mingtian.

Sementara itu di sektor ganda campuran, Alvent Yulianto Chandra/Rizki Amelia Pradipta, mundur. Dengan demikian, kemenangan WO diraih unggulan kedua dari China, Qiu Zihan/Luo Yu, yang akhirnya lolos ke babak utama setelah menang 18-21, 21-12, 21-14 atas pasangan Rusia, Vladimir Ivanov/Anastasia Chervaykova.

 


EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo
Komentar
Close Ads X