Marquez: Saya Harus Adaptasi Gaya Balap

Kompas.com - 15/11/2012, 17:46 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

VALENCIA, Kompas.com - Marc Marquez mendapatkan kesempatan melakukan debutnya bersama mesin RC213V pada hari terakhir uji coba pasca-musim di Valencia, Rabu (14/11/2012). Meskipun berlangsung singkat karena hanya menyelesaikan total 27 lap, pebalap berusia 19 tahun ini merasa sangat terkesan dan mengaku kian percaya diri.

Secara keseluruhan, Marquez menempati posisi ketujuh uji coba di Valencia tersebut dengan catatan waktu terbaik 1 menit 33,403 detik. Juara dunia Moto2 ini terpaut lebih dari satu detik dibandingkan rekan setimnya di Repsol Honda, Dani Pedrosa, yang menjadi tercepat pada sesi terakhir itu.

Meskipun demikian, pencapaian pebalap Spanyol ini patut diacungi jempol. Pasalnya, ini merupakan pengalaman pertamanya menggunakan mesin RC213V 1.000 cc, ban Bridgestone, serta rem karbon.

Inilah yang membuat Marquez begitu senang karena dia bisa mendapatkan kesempatan melakukan debutnya -- pada hari pertama uji coba Marquez hanya duduk di garasi lantaran kondisi cuaca yang buruk. Dia pun mengakui, perlu adaptasi dalam hal gaya membalap agar lebih cocok dengan motor MotoGP.

"Saya merasa sangat senang! Kami menunggu sepanjang hari hingga trek kering sehingga kami akhirnya bisa mencoba motor, meskipun perlu waktu yang panjang. Pada akhirnya saya mulai tidak sabar dan trek makin kering sehingga kami memutuskan untuk keluar.

"Pada awalnya terasa agak sulit tetapi sangat menyenangkan bisa merasakan tenaga motor! Saya mengalami begitu banyak wheelie (roda depan terangkat) di lintasan lurus, tetapi secara bertahap mulai percaya diri di setiap keluar tikungan dan menjadi semakin cepat di setiap putaran.

"Saya mencoba untuk menyesuaikan gaya balapku dari Moto2 karena terdapat cukup besar perbedaan. Ada banyak hal yang harus diperbaiki dan dicoba, ban depan juga sangat berbeda dengan apa yang saya gunakan dulu. Tetapi hal utama adalah bahwa kami melakukan start yang bagus dan saya mendapatkan rasa yang sangat bagus dengan tim."

Usai uji coba di Valencia ini, Marquez akan mendapat kesempatan lagi dalam uji coba prototype Repsol Honda 2013 pada 26, 27 dan 28 November di Sepang, Malaysia. Di sana, Honda akan melakukan uji coba secara privat.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X