Raikkonen Juara, Vettel Posisi Tiga

Kompas.com - 04/11/2012, 22:30 WIB
EditorErvan Hardoko

ABU DHABI, KOMPAS.com — Pebalap Lotus, Kimi Raikkonen, menjuarai GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (4/11/2012), sementara Sebastian Vettel meski memulai lomba dari pitlane akhirnya bisa meraih juara ketiga.

Kemenangan ini adalah yang pertama bagi Raikkonen sejak dia menjuarai GP Belgia 2009. Kemenangan ini juga menjadi yang pertama bagi Lotus sejak juara GP Jepang 2008 lalu.

Saat lomba dimulai, Pebalap McLaren, Lewis Hamilton, yang berada di posisi start paling depan, tampaknya akan mendominasi balapan. Dia lolos dari kesalahan di tikungan pertama yang membuat Raikkonen sempat berada di sampingnya sebelum menjauh.

Di lap pertama, Pastor Maldonado berada di peringkat ketiga, sementara Fernando Alonso yang bisa melewati Mark Webber di tikungan ke-11 berada di peringkat keempat.

Sementara itu, Vettel sangat terbantu dengan kecelakaan di tikungan pertama antara mobil Force India dan Bruno Senna, serta Nico Rosberg dan Romain Grosjean.

Nico Rosberg yang lolos dari kecelakaan di tikungan pertama, kemudian di putaran kesembilan, menabrak mobil HRT yang dikemudikan Narain Karthikeyan. Akibatnya, safety car harus masuk sirkuit.

Saat itu, Vettel berada di peringkat ke-13 dan dia sempat keluar jalur karena menghindari Daniel Ricciardo dan menyenggol papan petunjuk. Kejadian ini merusak sayap depan mobilnya yang sudah mengalami kerusakan saat bersenggolan dengan mobil Bruno Senna. Vettel akhirnya harus masuk pit untuk mengganti sayap depannya itu.

Pada saat yang sama, Hamilton terlihat nyaman di posisi terdepan, tetapi tiba-tiba di putaran ke-19, mobil McLaren yang dikendarai pebalap Inggris itu melambat sebelum akhirnya benar-benar berhenti. Musibah yang menimpa Hamilton membuat Raikkonen memimpin jalannya lomba.

Kecelakaan yang melibatkan Sergio Perez, Romain Grosjean, dan Mark Webber membuat persaingan tinggal antara Raikkonen, Alonso, Button, dan Vettel di 12 putaran terakhir lomba.

Awalnya, Jenson Button bisa menekan Alonso, tetapi dengan segera, pebalap Spanyol itu bisa melepaskan diri dari kejaran Button dan mendekati Raikkonen di posisi terdepan. Pada saat bersamaan, Vettel semakin mendekati posisi Button.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X