Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Pembuktian Lewis Hamilton

Kompas.com - 03/11/2012, 03:25 WIB

Pada musim 2011, Lewis Hamilton (27) yang masih tergabung dalam tim McLaren-Mercedes keluar sebagai jawara di Grand Prix Formula Satu Etihad Airways Abu Dhabi.

Hanya memang kebetulan saat itu, pesaing berat Hamilton, Sebastian Vettel (25) asal Jerman yang tergabung dalam tim Red Bull Racing-Renault, harus keluar pada lap pertama dari 55 lap yang harus diselesaikan di Sirkuit Internasional Yas Marina, Abu Dhabi, tersebut.

Apakah dengan kemenangan tersebut bisa dikatakan bahwa Hamilton sudah mampu mendominasi Sirkuit Yas Marina yang memiliki panjang total 5,554 kilometer itu. Rasanya, prestasi setahun silam itu masih belum bisa diklaim begitu saja oleh pebalap asal Inggris ini.

Salah satu alasannya, hingga saat ini, rekor waktu tercepat di Sirkuit Yas Marina masih tetap atas nama Vettel. Vettel mampu melalap satu putaran sirkuit sepanjang 5,554 kilometer hanya dengan waktu 1 menit 40,279 detik pada musim 2009.

Belum lagi, kalau saja pada musim 2011 Vettel tidak keluar dari lintasan, bisa jadi ceritanya akan jauh berbeda.

Namun, yang pasti, dalam latihan bebas pertama yang berlangsung Jumat (2/11) pagi, Hamilton, yang kini berada di urutan kelima klasemen sementara, memperlihatkan kembali dominasinya di Sirkuit Yas Marina. Dalam latihan bebas pertama tersebut, Hamilton mencatat waktu tercepat di antara para kontestan. Dia menempuh lintasan dengan ukiran 1 menit 43,285 detik.

Secara tidak langsung, catatan waktu tersebut memperlihatkan bahwa dia bukan hanya kebetulan memenangi Grand Prix Formula Satu Abu Dhabi musim lalu. ”Saya berharap kali ini mampu menambah angka bagi tim,” tutur Hamilton.

Hingga tinggal tiga grand prix Formula Satu tersisa, McLaren-Mercedes masih berada di peringkat ketiga (306). Posisi itu di bawah Red Bull Racing-Renault (407) dan Ferrari (316).

Dalam latihan kemarin, Jenson Button, rekan Hamilton, mencatat waktu terbaik kedua. Dia melalap Sirkuit Yas Marina hanya dengan waktu 1 menit 43,618 detik.

Urutan ketiga ditempati Vettel sang pemuncak klasemen (1 menit 44,050 detik), kemudian Fernando Alonso dari Ferrari (1 menit 44,366 detik).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com