Kompas.com - 27/10/2012, 21:23 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

 

JAKARTA, KOMPAS.com-Komite Manajemen Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) memutuskan tujuh gelar tujuh gelar kemenangan pebalap sepeda AS Lance Armstrong dalam balapan Tour de France 1999-2005 yang dicopot tidak akan dialihkan ke pebalap lain. Gelar itu dibiarkan kosong dalam catatan rekor. Keputusan itu diambil Komite Manajemen UCI menyusul sikap UCI atas hasil penyelidikan Badan Anti Doping AS (USADA) yang pada Senin (22/10/2012)  mencopot seluruh gelar kemenangan Armstrong. Seperti diketahui, USADA menetapkan Armstrong sebagai target penyelidikan sejak 1998. Tepatnya setelah ia dinyatakan sembuh dari kanker kemudian finis di urutan keempat Vuelta a Espana 1998.

USADA menemukan ia dan rekan-rekan setimnya melakukan praktik doping yang canggih, terencana, dan paling sukses. USADA menetapkan supaya seluruh gelar kemenangannya termasuk tujuh gelar Tour de France dicopot. Komite Manajemen UCI dalam situs resmi UCI menyebutkan, "Awan kecurigaan masih akan terus menggantung di periode gelap ini. Meski terlihat keras bagi para pebalap yang membalap dengan bersih, namun mereka akan memahami ada kebanggaan kecil yang bisa dicapai dari realokasi (gelar) ini."



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X