Nadal Mundur, Del Potro Dapat Tiket ke London

Kompas.com - 26/10/2012, 16:35 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

BASEL, Kompas.com - Petenis Argentina, Juan Martin del Potro, meraih tiket menuju turnamen akhir tahun ATP World Tour Finals, yang akan berlangsung di London bulan depan. Mantan juara Grand Slam AS Terbuka ini mendapatkannya setelah petenis kidal Spanyol, Rafael Nadal, terpaksa mundur dari turnamen yang mempertemukan delapan petenis top dunia itu, akibat cedera berkepanjangan.

Del Potro, yang sejak pekan lalu sudah hampir pasti lolos ke London setelah meraih gelar di Vienna, mengaku sangat senang bisa tampil lagi. Ini untuk ketiga kalinya Del Potro tampil di ATP World Tour Finals.

Meskipun demikian, dia menaruh simpati kepada Nadal, yang belum pulih dari cedera lutut kiri sejak bulan Juni lalu. Del Potro mengatakan, dirinya sangat mengetahui bagaimana perasaan petenis nomor empat dunia tersebut menghadapi situasi sekarang, karena dia juga pernah cedera pergelangan tangan yang memaksanya absen sepanjang 2010.

"Saya sedih karena Rafa, dia sangat berusaha keras untuk kembali. Tetapi tak mudah setelah waktu yang panjang. Saya memiliki perasaan yang sama dengan pergelangan tanganku," ujar Del Potro, yang berhasil melaju ke perempat final Swiss Indoor, Kamis (25/10/2012), setelah menang 7-5, 6-1 atas pemain Amerika Brian Baker.

"Kami sangat merindukan Rafa di Tour. Dia salah satu pemain terbaik dalam sejarah, dia akan kembali tangguh. Saya yakin bakal segera. Dia akan siap kembali memenangi event besar, dan saya tahu dia bisa bermain lebih baik dari saya ketika kembali. Saya berharap yang terbaik baginya.

Mengenai keberhasilannya menuju ATP World Tour Finals, juara AS Terbuka 2009 ini menambahkan: "Bagiku, ini merupakan kado atas usahaku selama tahun ini. Hanya delapan pemain yang bertarung untuk satu turnamen. Delapan pemain terbaik tahun ini, sehingga sangat penting bagiku.

"Saya sangat gembira kembali berada di sana. Saya akan bertarung melawan nama-nama besar dan mungkin saya akan memiliki peluang untuk mencapai final."

Roger Federer, Novak Djokovic, Andy Murray, David Ferrer dan Tomas Berdych sudah meraih tiket ke London. Setelah Del Potro pun mendapatkannya, maka hanya tersisa dua tempat yang kosong. Dua tiket itu akan diperebutkan oleh Jo-Wilfried Tsonga, Janko Tipsarevic, Richard Gasquet dan Nicolas Almagro.

Sebelumnya, Nadal mengonfirmasi bahwa kondisinya belum fit sehingga harus melewati ATP World Tour Finals. Bahkan, mantan pemain nomor satu dunia ini pun kemungkinan tidak bisa memperkuat Spanyol di final Piala Davis, yang akan dimulai 16 November mendatang.

"Memang mengewakan bagi saya melewatkan dua turnamen terakhir musim ini di Paris dan London. Mudah-mudahan saya bisa segera melanjutkan latihan tenis setelah saya mendapat kemajuaan dengan pemulihan saya dari cedera. Saya tidak siap untuk berkompetisi pada waktunya untuk turnamen-turnamen itu, jadi saya akan meneruskan pemulihan saya di Mallorca dan beakerja keras untuk bisa kembali secepat mungkin," ujar Nadal.

Dia tidak bermain pada turnamen kompetitif sejak kekalahannya yang mengejutkan dari petenis bukan unggulan asal Ceko, Lukas Rosol, pada babak kedua Wimbledon 28 Juni. Pada September lalu, dia menyatakan tidak akan bisa kembali mengikuti turnamen-turnamen hingga dia bugar 100 persen.

Nadal juga melewatkan Olimpiade dan AS Terbuka. Tetapi sebelumnya, dia berharap bisa bermain di London pada 5-12 November, serta di final Piala Davis ketika melawan Ceko di Praha, pada pekan berikutnya.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X