Tujuh Gelar Armstrong Dicoret

Kompas.com - 22/10/2012, 22:45 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

GENEVA, KOMPAS.com Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) bersuara atas skandal doping pebalap sepeda AS Lance Armstrong. UCI memastikan mencoret tujuh gelar kemenangan Lance Armstrong yang ia raih dalam tujuh kali gelaran Tour de France pada periode 1999-2005.

Langkah itu diambil UCI menyusul laporan doping Armstrong yang diungkap oleh Badan Antinarkoba AS (USADA).

Presiden UCI Pat McQuaid, Senin (22/10/2012), dalam pernyataan pers mengatakan, UCI menerima laporan hasil penyelidikan USADA terhadap kegiatan doping yang dilakukan Armstrong semasa aktif sebagai pebalap bersama tim US Postal Service dan Discovery Channel.

Dari hasil penyelidikan tersebut, Armstrong terbukti memimpin rekan-rekan setimnya melakukan doping.

"UCI memutuskan mencoret semua gelar juara Armstrong, dan tidak akan naik banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS)," ujar Mcquaid.

Keputusan UCI itu memudahkan penyelenggara Tour de France, satu dari tiga balapan sepeda paling bergengsi dalam kalender balapan dunia UCI, untuk mencoret Armstrong dari catatan rekor. Perolehan gelar juara pada kurun waktu 1999-2005 dicoret dan tidak diakui.

Direktur balapan Tour de France, Christian Prudhomme, mengatakan, penyelenggara balapan akan melakukan keputusan yang diambil UCI.

Selain itu, dengan dicoretnya tujuh gelar Armstrong, Prudhomme menegaskan tidak akan ada pemenang resmi balapan dalam kurun waktu itu.

 

Sumber : AP

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X