2013, MotoGP Terapkan Sistem "Knockout" untuk Kualifikasi

Kompas.com - 14/10/2012, 11:29 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

MOTEGI, KOMPAS.com - MotoGP melakukan perubahan sistem pada sesi kualifikasi untuk musim 2013. Mereka sedikit meniru apa yang sudah dilakukan oleh Formula 1 dan Superbike, yang menggunakan sistem knockout.

Namun ada sedikit perbedaan dalam penerapan. Tidak seperti F1 dan WSBK, MotoGP akan tetap memperhitungkan performa latihan bebas, dengan 10 pebalap teratas akan maju ke bagian kedua dan final dari kualifikasi, ketika 12 pebalap terdepan di grip ditentukan.

Semua pebalap yang terlempar dari 10 besar setelah latihan bebas ketiga, akan ambil bagian di kualifikasi pertama. Nah, dua pebalap tercepat di sesi ini berhak maju ke QP2.

Dua bagian dari kualifikasi itu hanya berdurasi 15 menit, di mana sesi latihan bebas baru (keempat) selama 30 menit itu ditambahkan sebelum kualifikasi.

Keuntungan utama dari sistem baru ini akan dirasakan para pebalap CRT, yang akan meletakkan fokus utama untuk QP1 dan juga bagi tayangan TV yang mendapatkan tambahan waktu untuk para sponsor mereka. Sedangkan bagi para pebalap di depan, sistem ini membuat mereka memiliki lebih banyak ruang di trek saat QP2.

Saat ini, kualifikasi MotoGP berlangsung selama 1 jam. Di atas lintasan, kerab terjadi keramaian, yang kadang membuat para pebalap tak bisa menggeber motornya secara maksimal.

Berikut penjelasan lengkap mengenai sistem baru, seperti yang dikeluarkan FIM:

Prosedur kualifikasi baru

1. Tiga sesi latihan bebas yang sudah berlangsung selama ini tidak akan berubah, meskipun kombinasi waktu dari semua sesi itu akan menentukan partisipasi pebalap di qualifying practice (QP) terakhir.

2. Sepuluh pebalap tercepat akan bertarung di QP2.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X