Kompas.com - 11/10/2012, 22:22 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

SHANGHAI, Kompas.com - Superstar Swiss, Roger Federer, melewati rintangan berat di babak ketiga turnamen Shanghai Masters, Kamis (11/10/2012), ketika melawan kompatriotnya, Stanislas Wawrinka. Sempat kalah di set pembuka, peraih 17 gelar grand slam ini akhirnya menaklukkan pasangannya ketika meraih emas ganda putra Olimpiade Beijing 2008 tersebut dengan 4-6, 7-6 (7/4), 6-0.

Dengan demikian, Federer menambah panjang rekor kemenangannya atas Wawrinka menjadi 12-1. Hasil ini pun memastikan Federer bertahan di peringkat satu dunia, sehingga dia mencatat rekor menempati posisi teratas ATP itu selama 300 pekan.

Ya, Federer hanya perlu mencapai perempat final untuk mengamankan posisinya tersebut dari ancaman rivalnya dari Serbia, Novak Djokovic, yang juga lolos ke perempat final. Jika gagal lolos dan Djokovic menjadi juara di event ini, maka Federer dipastikan lengser.

Lolosnya petenis berusia 31 tahun ini membuat para pemain unggulan berhasil mencapai babak delapan besar. Sebelumnya, Djokovic dengan mudah melibas pemain Spanyol, Feliciano Lopez, dengan straight set 6-3, 6-3, begitu juga dengan unggulan ketiga yang berstatus juara bertahan, Andy Murray, menang 6-2, 6-2 atas pemain Ukraina, Alexandr Dolgopolov.

Unggulan keempat, Tomas Berdych, serta unggulan kelima Jo-Wilfried Tsonga, juga berhasil meraih tiket perempat final. Kemenangan tersebut membuat mereka terus memelihara peluang meraih tiket menuju turnamen akhir tahun, ATP World Tour Finals, yang mempertemukan delapan petenis terbaik di dunia.

Empat tempat menuju event yang akan berlangsung bulan depan di London itu sudah terisi. Empat petenis teratas, Federer, Djokovic, Murray, serta Rafael Nadal, sudah memastikan diri tampil di sana.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X