Jabar Minta Kepastian Soal PON Remaja

Kompas.com - 09/10/2012, 23:09 WIB
EditorA. Tjahjo Sasongko

BANDUNG, Kompas.com - KONI Jawa Barat meminta kejelasan tentang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja tahun 2013 yang hingga kini masih sebatas wacana.
   
"Baru ditetapkan tempatnya saja di Surabaya, sedangkan waktu pelaksanaan dan cabang yang akan dipertandingkan belum jelas. Ini perlu segera ditetapkan," kata Sekretaris KONI Jabar Ny Lili Rolina di Bandung, Selasa.
    
Menurut Lili, kejelasan tentang waktu, cabang olahraga dan kuota atlet bagi setiap daerah itu perlu untuk penyusunan anggaran pembinaan dan pelatihan atlet untuk PON tersenbut.
    
Pasalnya, kata Lili persiapan untuk PON Remaja tidak jauh beda dengan atlet senior yang berlaga di ajang PON XVIII di Riau beberapa waktu lalu. Indeks pembiayaan dan persiapannya tidak jauh beda.
    
"Diharapkan penetapan itu dilakukan dalam beberapa hari ke depan, pasalnya untuk penyusunan anggaran dan menentukan tahapan pelatihan atlet yang akan dikirim ke ajang itu," kata Ny Lili.
    
Di sisi lain, kata Lili perlu ada payung hukum yang jelas yang melandasi pelaksanaan PON  Remaja sehingga ada pijakan jelas bagi KONI di seluruh Indonesia untuk mempersiapkan atlet secara maksimal.
    
PON Remaja baru pertama kali ini akan digelar, namun diharapkan persiapan dilakukan matang karena misi dan output-nya sama yakni untuk mencetak prestasi seperti halnya PON yang diikuti atlet senior.  "Yang pasti KONI Jabar akan melakukan persiapan secara sungguh-sungguh seperti halnya persiapan PON lalu," kata Lili.
     
Belum adanya kepastian tentang PON Remaja itu, tidak hanya membingungkan KONI Jabar namun juga KONI-KONI daerah lainnya di Indonesia. Bila sudah ada kejelasan, kata Lili diharapkan pemerintah dalam hal ini Kemenpora segera mensosialisasikan ke daerah.
     
Sementara itu pada 6-8 Oktober 2012, digelar rapat evaluasi pelaksanaan PON XVIII/2012 yang digelar di Pekanbaru. Ny Lili yang mewakili KONI Jawa Barat sekaligus menjenguk Kontingen Peparnas Jawa Barat menyebutkan tiga hal penting dalam pertemuan itu.
    
Salah satunya adalah evaluasi pelaksanaan PON XVIII/2012, pembahasan tentang PON Remaja yang akan dibahas kemudian serta harapan kepada tuan rumah PON XIX/2016 yakni Jabar untuk melakukan persiapan lebih awal untuk penyelenggaraan PON yang lebih baik.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X