Wapres Buka Peparnas Riau 2012 - Kompas.com

Wapres Buka Peparnas Riau 2012

Kompas.com - 07/10/2012, 11:34 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Wakil Presiden Boediono dijadwalkan membuka Pekan Paralimpik Nasional ke-14 di Pekanbaru, Riau, hari Minggu (7/10/2012) malam ini.

Sebanyak 1421 atlet dari seluruh provinsi di Tanah Air, kecuali Papua Barat dan Lampung, akan berlaga memperebutkan 424 medali emas dari 11 cabang olahraga sepanjang pertandingan mulai tanggal 8 sampai 12 Oktober 2012.

Boediono dijadwalkan tiba di Bandara Sultan Syarid Kasim II, Pekanbaru, sekitar pukul 17.00 WIB hari ini. Setelah membuka Peparnas di Stadion Kaharudin Nasution, Rumbai Pekanbaru, rombongan Wapres akan bertolak kembali ke Jakarta pada Minggu malam. Dalam kurun satu bulan ini, sudah tiga kali Wapres berkunjung ke Riau. Dua kali untuk PON dan satu kali untuk Peparnas.

Ketua Sub Panitia Besar Peparnas Riau, Emrizal Pakis mengungkapkan, seluruh sarana pendukung untuk kebutuhan atlet paralimpik yang disebut dengan paralimpian, sudah disiapkan. Misalnya toilet yang memungkinkan buat paralimpian yang berkursi roda. Panitia juga sudah menyediakan 16 toilet khusus di sekitar arena pertandingan.

"Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar tanpa kendala," ujar Emrizal.

Emrizal mengatakan, acara pembukaan nanti malam akan dilakukan dengan upacara sederhana. Meski demikian, pembukaan tetap diisi atraksi budaya dengan thema : Di Bawah Matahari Tidak Ada yang Sempurna.

Sekretaris Komite Paralimpik Nasional Indonesia, Pribadi, pembagian kelas dan teknis pertandingan Peparnas memiliki perbedaan dibandingkan Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Pada pelaksanaan PON, pengelompokan atlet didasarkan kelas masing-masing cabang, namun untuk olahraga difabel dikelompokkan berdasarkan kondisi atletnya. Misalnya paralimpian cacat kaki parah dikelompokkan dengan yang kondisinya sama, agar pertandingan berlangsung adil," ujar Pribadi kepada sejumlah wartawan di Media Center Utama Peparnas Riau di Pekanbaru, Minggu (7/10/2012) pagi.

Meski cabang olahraga yang dipertandingkan cuma 11, namun medali yang diperebutkan mencapai 424 medali emas. "Cabang atletik PON, medali yang diperebutkan cuma 40 medali emas, pada Peparnas mencapai 150 medali emas," kata Pribadi

Tentang kesiapan tuan rumah, Pribadi mengungkapkan persiapan Riau sudah final. Semua arena pertandingan sudah memenuhi persyaratan. 


EditorRobert Adhi Ksp

Close Ads X