Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"All-Indonesian Final", Tunggal Putra dan Ganda Campuran Milik Indonesia

Kompas.com - 29/09/2012, 20:52 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Indonesia memastikan diri menyabet dua gelar juara dari sektor tunggal putra dan ganda campuran di turnamen Indonesia Terbuka Grand Prix Gold yang berlangsung di Palembang. Pasalnya, di dua nomor itu terjadi all-Indonesian final, di samping masih ada peluang menambah gelar dari tunggal putri dan ganda putra.

Pada pertandingan semifinal turnamen berhadiah 120.000 dollar AS tersebut, Sabtu (29/9/2012), Sony Dwi Kuncoro yang menjadi unggulan kelima, menang straight game 21-19, 21-8 atas pemain China, Gao Huan. Kesuksesan Sony diikuti tunggal putra Pelatnas yang merupakan unggulan keempat, Dionysius Hayom Rumbaka, yang bermain rubber game sebelum menang 19-21, 21-10, 21-14 atas unggulan keenam yang juga dari Indonesia, Alamsyah Yunus.

Dari sektor ganda campuran, dua unggulan teratas berhasil melewati hadangan para lawannya. Muhammad Rijal/Debby Susanto, unggulan dua, menang 21-12, 21-12 atas unggulan delapan dari Korea Selatan Kim Sa Rang/Eom Hye Won. Di final, Minggu (30/9), mereka bertemu unggulan utama Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, yang menang 21-19, 21-19 atas kompatriotnya yang merupakan saudara kandung, Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadeth.

Wakil lainnya yang juga maju ke final adalah tunggal putri Yeni Asmarani, yang menang 21-15, 24-22 atas pemain Pelatnas unggulan ketujuh, Adrianti Firdasari. Di final dia bertemu unggulan kedua dari China, Han Li, yang menang 22-20, 21-18 atas pemain Indonesia Lindaweni Fanetri.

Di ganda putra pun Indonesia berpeluang meraih gelar karena Angga Pratama/Ryan Agung Saputra lolos berkat kemenangan 21-23, 21-10, 21-11 atas Hafiz Faisal/Putra Eka Rhoma. Mereka akan bertarung melawan unggulan ketiga dari Korea Selatan, Kim Ki Jung/Kim Sa Rang, yang singkirkan Yonathan Suryatama Dasuki/Hendra Aprida Gunawan dengan 20-22, 21-15, 21-15.

Satu-satunya nomor yang tidak ada wakil Indonesia di final adalah ganda putri. Sektor ini milik pemain asing karena terjadi final antara pasangan Korea, Eom Hye Won/Jang Ye Na. Unggulan kedua ini bertemu unggulan utama dari Jepang Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com