Kaltim Rebut Emas Sepakbola

Kompas.com - 19/09/2012, 22:46 WIB
EditorA. Tjahjo Sasongko

PEKANBARU, Kompas.com - Tim sepak bola Kalimantan Timur merebut medali emas PON XVIII Riau setelah mengalahkan Sumatera Utara 1-0 di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, Riau, Rabu malam.
     
Gol kemenangan anak asuh Rudy William Keeltjes itu tercipta lewat tendangan keras Loudry Mailana pada akhir babak perpanjangan waktu pertama.
     
Dengan hasil itu, Kalimantan Timur dinobatkan sebagai juara baru kejuaraan olahraga terbesar di Tanah Air tersebut.
     
Di pertandingan final itu, kedua tim langsung menerapkan permainan terbuka dan mengandalkan serangan dari sayap. Kondisi itu membuat kedua tim saling bergantian dalam melakukan penetrasi.
     
Akan tetapi, pelan tapi pasti Tim Kalimantan Timur mulai menguasai jalannya pertandingan. Beberapa peluang langsung didapat yang salah satunya melalui Radiansyah. Hanya saja peluang itu gagal dimanfaatkan.
     
Begitu juga dengan anak asuh Rudi Saari. Meski terus ditekan, sesekali tim yang berkostum kuning-kuning-kuning juga melakukan serangan yang langsung mengarah ke gawang Kalimantan Timur.
     
Pertandingan semakin sengit menjelang akhir babak pertama. Tim Sumatera Utara yang sesekali melakukan tekanan banyak menciptakan peluang meski demikian selalu terhambat pertahanan lawan. Babak pertama itu berakhir dengan kedudukan 0-0.
     
Memasuki babak kedua, giliran Sumatera Utara yang menguasai jalannya pertandingan.  Kerja sama yang bagus antara Safri Koto dengan Zukifli sering mengancam gawang Dwi Yuda Pratama. Begitu juga sebaliknya, pemain Kalimantan Timur Lerby Eliandry juga beberapa kali mengancam gawang Ahmad Fauzi.
     
Belum terciptanya gol membuat tempo "jual beli" serangan terus meningkat. Kedua tim secara bergantian melakukan serangan yang terorganisasir. Meski dalam kondisi kelelahan, mereka tak henti-hentinya mencari gol kemenangan.
     
Saat masa "injury time", kedua tim berusaha menciptakan peluang, hanya saja upaya untuk menciptakan gol gagal tercipta sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.
     
Pada babak pertama perpanjangan waktu, Tim Kalimantan Timur terlihat lebih dominan, namun Tim Sumatera Utara tak tinggal diam. Terbukti Muhammad Irfan mampu menerobos pertahanan lawan bahkan sundulannya nyaris membuat gol jika tidak membentur mistar gawang.
     
Anak asuh Rudy William Keeltjes itu langsung membalas serangan lawan. Bahkan membuat bola terus berada di daerah lawan. Akhirnya Sandy mampu memecah kebuntuan melalui tendangan jarak jauhnya sehingga mambuat timnya unggul 1-0 atas Sumatera Utara.
     
Gempuran pasukan muda Kalimantan Timur tidak terhenti begitu saja. Saat babak kedua perpanjangan waktu, tekanan demi tekanan terus dilakukan agar tidak bisa disamakan oleh lawan.
     
Tim Sumatera Utara yang tertinggal, terlihat bernafsu untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi hingga peluit panjang tanda pertandingan usai ditiup wasit, kedudukan tetap 1-0 untuk Kalimantan Timur. Provinsi itu berhak medali emas, sedangkan Sumatera Utara mendapatkan perak.
     
Medali perunggu direbut oleh Tim Jawa Tengah setelah pada pertandingan sebelumnya, di tempat yang sama, mampu mengalahkan Tim Papua dengan skor tipis 1-0.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X