Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juara PON Siap ke SEA Games

Kompas.com - 16/09/2012, 20:17 WIB
Gatot Widakdo

Penulis

PEKANBARU, KOMPAS.com- Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia Marciano Norman mengungkapkan, taekwondoin yang tampil sebagai juara di Pekan Olahraga Nasional Riau otomatis akan diikutsertakan dalam seleksi untuk SEA Games 2012 di Myanmar.

Jenderal bintang tiga ini menambahkan, selain mencari atlet yang disiapkan untuk SEA Games, PON kali ini juga dimanfaatkan untuk mencari atlet muda yang akan disiapkan dalam program jangka panjang.

"Untuk SEA Games 2013, kami membuka kuota 32 atlet yang akan diseleksi. Dari 32 atlet itu, nantinya yang akan diberangkatkan hanya 20 atlet. Tahun lalu di Jakarta, kita merebut enam medali emas. Di Myanmar, target kami lebih dari enam emas," kata Marciano di sela-sela menyaksikan pertandingan Taekwondo di PON Riau, Pekanbaru, Minggu (16/9/2012).

Lebih lanjut Marciano menjelaskan, untuk SEA Games, ada beberapa program uji coba dan latihan ke luar negeri untuk mematangkan persiapan.

Selain itu, PBTI juga berencana membawa pelatih asing dari Korea Selatan.

Soal PON, Marciano menilai, persaingan antardaerah sudah mulai ketat, meski dominasi masih dipegang tim dari Jawa, seperti Jawa Barat, DKI Jakarta dan Jawa Timur.

"Dalam beberapa tahun ke depan tidak akan adalagi ketimpangan kekuatan yang signifikan karena kami sudah memulai program pemerataan sumberdaya pelatih yang berkualitas ke daerah," kata Marciano.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com