Kompas.com - 12/09/2012, 17:19 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

PEKANBARU, Kompas.com - Dinding arena menembak Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau untuk nomor 25 meter yang rusak akibat terjangan peluru, Rabu (12/9/2012), segera diperbaiki. Dinding itu akan dilapisi dengan plat baja.

Wakil Ketua Pelaksana Cabang Olahraga Menembak PON XVIII/2012 Riau, Sudarman, menyatakan sebenarnya hari ini adalah hari terakhir dalam upaya menguji lapangan menembak yang baru saja selesai dibangun.

"Pada beberapa hari terakhir memang terjadi peristiwa dinding tembus oleh peluru. Kali ini bahkan lebih besar lubangnya dan ini sudah diperbaiki," katanya.

Ia menjelaskan tembusnya dinding pada arena menembak untuk nomor 25 meter itu disebabkan hantaman peluru secara bertubi-tubi.

"Tapi saat ini kami telah melakukan perbaikan sehingga pada pertandingan besok semuanya sudah selesai," katanya.

Dia menjelaskan nantinya tidak hanya dinding yang jebol yang dipasangkan atau dilapiskan plat baja 12 milimeter, namun semua dinding pada tiap arena pertandingan. Pihaknya juga mengakui memang musibah itu sebenarnya terjadi akibat kelalaian petugas di arena menembak.

"Setiap pertandingan panitia seharusnya selalu melakukan pengecekan terhadap karung pasir yang melapisi dinding arena menembak sehingga dinding tidak jebol oleh peluru," katanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam keterangan resminya, Sudarman mengakui bahwa plat baja baru akan dipasang setelah melihat peristiwa tersebut.

"Kenapa plat baja baru dilakukan sekarang adalah karena ada insiden ini. Kami langsung mengkonfirmasikan hal ini ke pihak kontraktor yang diminta untuk segera melapisi dinding dengan plat baja. Seluruhnya," kata dia.

Pada satu titik tembok arena menembak pada nomor 25 meter di target nomor 5 terlihat lubang menganga dengan diameter sekitar lima centimeter dan pecahan dinding berdiameter sekitar 15 sampai 20 centimeter. Akibat kerusakan itu, sejumlah atlet berbagai kontingen yang sempat latihan menghentikan aktivitasnya hingga ada perbaikan oleh pihak panitia.

 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X