Menpora: Usulan Pembubaran PON Perlu Dikaji

Kompas.com - 07/09/2012, 22:51 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, Kompas.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng mengatakan, usulan pembubaran Pekan Olahraga Nasional (PON) perlu dikaji dengan hati-hati. Demikian disampaikannya saat menghadiri Halal Bi Halal dan silaturahim Pemuda Indonesia di Jakarta, Jumat (7/9/2012) malam.

Halal Bi halal dan Silaturahim Pemuda Indonesia tersebut diselenggarakan oleh Perhimpunan Organisasi Kepemudaan Nasional (Poknas) dan dihadiri oleh 100 perwakilan ormas kepemudaan. Hadir pada acara tersebut Menpora, Deputi Satu Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Al Fitra Salam, Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat, Ketum DPP KNPI Taufan Rotorasiko dan berbagai ketua organisasi kepemudaan nasional.

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi X DPR Utut Adianto mengusulkan agar PON ditiadakan saja. Sebagai gantinya, Utut mengusulkan pembentukan kejuaraan nasional single event, berbeda dengan PON yang multi event seperti saat ini.

Menurut Utut, ajang PON justru memberatkan APBD dan pasca-PON seluruh gedung atau venue PON beserta pernak pernik di dalamnya tidak dapat dipelihara oleh daerah tempat berlangsungnya PON tersebut.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, sebelum reformasi maka pelaksanaan PON selalu dilaksanakan di Jakarta. Namun, tambahnya, hal ini membuat sarana dan prasarana olahraga di daerah menjadi tidak berkembang.

"Nah sejak reformasi pelaksanaan PON dilakukan bergilir ke daerah-daerah. Karena itu ada pemerataan pembangunan sarana dan prasarana olahraga," kata Andi.

 

Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X