Button: Gelar Juara Dunia Jauh, tapi Peluang Tetap Ada

Kompas.com - 03/09/2012, 21:52 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

SPA, Kompas.com - Jenson Button masih cukup jauh tertinggal dari pemimpin klasemen sementara, Fernando Alonso, dalam perburuan gelar juara dunia Formula 1 musim 2012. Hingga seri ke-12, pebalap McLaren ini menghuni peringkat keenam dan terpaut 63 poin dari Alonso.

Meskipun peluangnya untuk menjadi juara dunia cukup tipis, tetapi Button tak mau menyerah. Juara dunia 2009 ini tetap optimistis bisa terus mengejar rivalnya dari tim Ferrari tersebut, setelah dia memenangi balapan dramatis di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, Minggu (2/9/2012).

Dalam balapan tersebut, Button "beruntung" karena Alonso tak bisa menyelesaikan lomba. Pasalnya, Alonso termasuk satu dari empat pebalap yang mengalami kecelakaan beruntun usai start, yang terjadi menjelang tikungan pertama. Kecelakaan mengerikan itu melibatkan Romain Grosjean, yang jadi pemicu, karena lebih dulu menghantam mobil rekan setim Button, Lewis Hamilton, sebelum menabrak mobil Williams milik Sergio Perez serta Alonso.

Selama balapan 44 lap itu, Button hanya mendapat perlawanan dari pebalap Red Bull Racing, Sebastian Vettel, serta pebalap Lotus, Kimi Raikkonen, yang berturut-turut finis di belakangnya. Hasil itu membuat Vettel menggeser rekan setimnya, Mark Webber, dari posisi kedua, serta Raikkonen menempati peringkat keempat, disusul Hamilton dan Button.

Nah, menjelang seri ke-13 di Monza, Italia, akhir pekan ini, Button memperlihatkan kepercayaan diri yang tinggi. Pebalap Inggris ini bertekad kembali meraih kemenangan sehingga ambisinya untuk terus memangkas jarak dengan para pebalap di atasnya, bisa terwujud.

"Seperti yang saya katakan sebelum balapan, perjalanan panjang untuk membidik gelar juara dunia. Tetapi balapan kali ini membuktikan bahwa anda bisa merengkuh 25 poin dengan sangat, sangat cepat," ujar Button, seperti dilansir Crash.net, Senin (3/9/2012).

"Ini menjadi hari yang hebat bagiku, tetapi (jarak) masih 63 poin. Jika kami bisa terus bertarung untuk kemenangan seperti ini, ada banyak orang di kejuaraan ini yang masih berpeluang meraih kemenangan, (dan) masih ada sedikit peluang yang saya bisa kejar untuk kejuaraan tersebut.

"Segalanya mungkin. Monza merupakan sirkuit seperti di sini, sehingga ada kesempatan bagus karena kami akan memiliki kecepatan yang bagus di sana. Apakah kami akan sekompetitif seperti di sini, kami harus melihat dan menunggu.

"Temperatur akan berbeda, (dan) juga agak berbeda dalam hal level downforce, sehingga kami akan melihatnya. (Akan tetapi), pergi ke Monza, saya tidak memikirkan tentang kejuaraan. Saya pikir, seperti yang kami semua katakan, kami pergi ke sana untuk melakukan pekerjaan terbaik yang bisa dilakukan, dan membawa pulang poin sebanyak mungkin."

Button, yang meraih dua kemenangan pada musim ini (sebelumnya juara pada seri pembuka di Australia) mengakui, balapan di Monza nanti akan sulit bagi semua pebalap, termasuk bagi tim tuan rumah, Ferrari. Akan tetapi, atmosfirnya sungguh menyenangkan karena Monza termasuk salah satu balapan terbaik di dalam kalender F1.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X