Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumbar Janjikan Bonus Rp 100 Juta untuk Medali Emas

Kompas.com - 03/09/2012, 20:08 WIB

PADANG, Kompas.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat merencanakan untuk memberikan bonus bagi atlet peraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII-2012 di Riau sebesar Rp 100 juta.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di sela pengukuhan sekaligus pelepasan kontingen Ranah Minang dalam menghadapi PON 2012 di Padang, Senin (3/9/2012).

"Kita akan tetap memberikan penghargaan bagi atlet peraih medali emas, perak dan perunggu yang besarnya nanti dianggarkan mencapai Rp 100 juta bagi peraih medali emas," katanya.

Ia menjelaskan, kepastian untuk memberikan bonus bagi peraih medali itu mesti harus ada kesepakatan dengan DPRD Sumbar.

"Pemprov akan mengusahakan besarnya bonus tersebut disetujui oleh DPRD sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku," jelasnya

Dikatakannya, pentingnya pemberian bonus tersebut sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap atlet yang sukses mengharumkan nama Sumbar pada pergelaran multievent tersebut, sekaligus memotivasi atlet untuk bisa membawa pulang medali emas.

Irwan mengatakan, besarnya bonus tersebut juga akan disesuaikan dengan atlet peraih medali perak dan perunggu.

Ia mengharapkan, target untuk meraih 12 medali emas yang selama ini dicanangkan mampu diwujudkan oleh atlet dan ofisial tim.

Sementara itu Ketua DPRD Sumbar Yultekhnil dalam kesempatan yang sama juga mendukung untuk memberikan bonus bagi atlet yang mampu meraih medali pada event nasional tersebut.

"Bonus bagi atlet yang berprestasi akan diberikan namun besarnya bonus tersebut harus disepakati oleh DPRD," katanya.

Ia menambahkan, bonus yang dijanjikan tersebut harus melebihi besarnya dari atlet peraih medali emas pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) di Batam, Juni 2011.

"PON 2012 eventnya jauh lebih bergengsi dan tentunya bonus tersebut akan lebih besar dari kejuaraan-kejuaraan lainnya," katanya.

Pada pengukuhan dan pelepasan kontingen tersebut dihadiri oleh seluruh atlet yang berjumlah 250 orang, terdiri dari 156 atlet putra dan 94 atlet putri dan didampingi 71 orang pelatih. Direncanakan kontingen Ranah Minang akan bertolak menuju Pekanbaru pada 7 September dan kembali pada 21 September.

Pada pesta olahraga empat tahunan tersebut, Sumbar akan mengikuti sebanyak 33 dari 39 cabang olahraga yang dipertandingkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com