Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Button Incar Kemenangan

Kompas.com - 02/09/2012, 04:01 WIB

Spa-FRANCORCHAMPS, Sabtu - Pebalap tim McLaren, Jenson Button, akhirnya kembali merebut posisi start terdepan setelah berjuang sejak musim 2009. Dengan posisi start terbaik itu, Button siap mengejar kemenangan keduanya di musim ini, mengikuti rekan setimnya, Lewis Hamilton.

Babak kualifikasi balap mobil Formula1 (F1) seri Belgia berlangsung menegangkan di Sirkuit Spa-Francorchamps, Sabtu (1/9). Button tampil perkasa di Q2 dan menjadi yang tercepat.

Pada momen yang sama, juara bertahan Sebastian Vettel dan juara dunia tujuh kali Michael Schumacher gagal menembus posisi sepuluh besar dan tidak dapat melanjutkan ke babak kualifikasi terakhir, Q3. Vettel di posisi ke-11 dan Schumacher di posisi ke-13.

Persaingan di Q3 juga ketat sejak menit pertama. Button tak dapat lagi mempertahankan dominasinya di Q2. Posisi pebalap terdepan berganti beberapa kali.

Menjelang menit-menit terakhir, pebalap Jepang, Kamui Kobayashi, dari tim Sauber merebut posisi teratas dalam ukiran waktu. Namun, Button merebut posisi sebagai pebalap tercepat beberapa detik menjelang babak kualifikasi berakhir dan berhak untuk start terdepan.

Posisi kedua ditempati oleh Kobayashi, yang terpaut 0,298 detik dari Button. Bagi Kobayashi, start di barisan depan ini adalah yang pertama kali baginya sepanjang kariernya di F1.

Posisi start ketiga ditempati oleh Pastor Maldonado dari tim Williams. Maldonado yang tampil prima di Q1 terpaut 0,32 detik dari Button.

Posisi keempat dan kelima ditempati oleh Kimi Raikkonen dari tim Lotus dan Sergio Perez dari tim Sauber. Posisi keenam sampai kesepuluh ditempati oleh Fernando Alonso, Mark Webber, Lewis Hamilton, Romain Grosjean, dan Paul Di Resta.

Namun, saat start, posisi Webber turun dari posisi ketujuh menjadi posisi ke-12. Webber mendapat hukuman karena mengganti gearbox-nya. Vettel maju ke posisi start ke-10.

Persaingan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com