Tim Putri Tahan Bulgaria, Tim Putra Menyerah dari Chile

Kompas.com - 30/08/2012, 22:18 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, Kompas.com - Tim catur putri Indonesia menahan tim kuat Bulgaria, sementara tim putra harus menyerah pada Chile pada hari kedua Olimpiade Catur 2012 di Istanbul, Turki.

Pada hari kedua ini, para pecatur andalan Indonesia memang harus bekerja keras untuk menghadapi lawan-lawan mereka. Demikian siaran pers PB Percasi yang diterima di Jakarta, Kamis (30/8/2012).

Di bagian putri, Chelsie Monica Sihite (elo rating 2162) dan WFM Dewi AA Citra (2143) berbagi angka dengan kedua lawan mereka WGM Adriana Nikolova (2281) dan WGM Margarita Volska (2281).

Sedangkan Ummi Fisabilillah yang belum memiliki elo rating dan gelar harus mengakui keunggulan WIM Elitsa Raeva (2313). Satu-satunya pemain putri yang berhasil memetik kemenangan adalah, WFM Medina Warda Aulia (2218) yang mengalahkan WGM Iva Videnova (2317).

"Sejak awal saya sudah merasa bisa mengimbanginya, jadi tidak terlalu sulit untuk membaca langkah-langkahnya," kata Medina.

Hasil akhir 2-2 melawan Bulgaria ini adalah prestasi yang menggembirakan bagi tim putri Indonesia.

Pada bagian putra, perlawanan GM Susanto Megaranto dan rekan-rekannya memang harus terhambat. Meski pada awalnya kedudukan dua tim terlihat berimbang, namun perlahan kubu Chile mulai mengoyahkan pertahanan tim putra Indonesia yang memang masih kalah kualitas.

GM Susanto Megaranto (2529) mampu menahan imbang GM Merovic Fernandes (2575), namun  IM Tirta Chandra Purnama (2384) kandas di tangan GM Rodrigo Vasques Schroeder (2533). Begitu juga dengan IM Taufik Halay (2361) yang akhirnya tumbang oleh GM Mauricio Flores Rios (2498).

Satu poin dicuri dari Cile oleh CM Farid Firmansyah (2318) yang mengalahkan pecatur FM Patio Salinas Herrera (2417). Farid yang sudah dua kali ikut membela Indonesia dalam Olimpiade ini mengaku tak mengalami kesulitan untuk menundukkan lawannya.

Dengan hasil akhir 1,5 - 2,5, tim putra tampaknya harus bekerja cukup keras untuk bisa bertanding dengan lawan-lawan tangguh.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X