Kompas.com - 25/08/2012, 10:17 WIB
|
EditorRusdi Amral

TRIER, KOMPAS.com - Pereli Indonesia yang bernaung di Fastron World Rally team, Rifat Sungkar, mengalami gangguan overheating atau mesin terlalu panas pada hari pertama Reli Jerman. Mobilnya sempat kehilangan tenaga tetapi Rifat tetap mampu menyelesaikan semua etape di hari pertama, Jumat (24/8/2012) malam di Trier atau Sabtu (25/8) dinihari WIB.

Setelah finis di etape khusus 1 atau special stage (SS1) MIttelmosel 1 dengan mencatat waktu 17 menit 51,7 detik dan 17 menit 28 detik di SS2 Moselland 1, Rifat tidak dapat meneruskan pertandingan di SS3Grafschaft 1 karena kendaraan dari pereli Martin Prokop terbakar dan menutupi jalan.

Martin Prokop beserta co-drivernya, Zdenek Hruza, berhasil keluar dari mobil dan selamat tanpa terluka. Setelah sempat dihentikan, akhirnya pihak panitia memutuskan untuk membatalkan SS3. "Di SS1 dan SS2, saya masih beradaptasi dengan mobil. Mulai SS1, sebenarnya mesin mobil sudah mengalami overheating. Hal ini disebabkan setingan kipas angin yang tidak sesuai, akibatnya mobil menjadi kehilangan tenaga. Namun, setelah masalah ini dapat diperbaiki oleh tim mekanik di Service Park, saya merasa optimis dapat mempertajam dan memperbaiki performa saya," kata Rifat Sungkar, melalui surat elektronik kepada Kompas.

Di paruh akhir hari pertama Reli Jerman, Rifat melanjutkan pertarungannya di SS4, SS5, dan SS6, di mana Rifat dan Scott kembali melewati lintasan di Mittelmosel, Moselland, dan Grafschaft, tetapi dari arah yang berlawanan. Rifat dan navigator Scott Beckwith berhasil mempertajam performanya dan menyelesaikan SS4 dengan mencatat waktu 17 menit 23,1 detik, dan 16 menit 58,3 detik di SS5.

Setelah masuk ke area servis, di SS4 dan SS5 kembali  masalah pada mesin belum dapat teratasi. Panas mesin akan naik setelah berjalan 5 km, dan setelah 15 km power mulai turun. Selanjutnya di SS6 Grafschaft2, lintasannya terbagi menjadi sedikit lintasan di area perkebunan anggur yang sempit dan tajam, serta lebih banyak lintasan lurus di area terbuka.

Di lintasan yang cepat dan berjarak tempuh 21,23 km ini, Rifat Sungkar bersama Scott Beckwith berhasil finis dengan mencatat waktu 14 menit 36,3 detik. "Meskipun terganggu masalah overheating, SS3 yang dibatalkan, dan salah belok di SS4, tetapi kami berhasil mencatat waktu yang cukup baik di paruh akhir hari pertama ini," ujar Rifat Sungkar, yang berlaga di kategori World Rally Class grup N.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X