Kompas.com - 22/08/2012, 23:09 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

KEY WEST, KOMPAS.com- Usaha Diana Nyad untuk menyeberangi Selat Florida, dari Havana di Kuba ke Florida akhirnya gagal pada Selasa (22/8/2012). Ubur-ubur dan terjangan arus laut yang sangat kuat membuat perenang veteran berusia 63 tahun itu terpaksa mengakhiri usahanya.

"Saya sangat kecewa. Saya memimpikan dapat menyeberangi selat ini selama 34 tahun dan gagal di usaha keempat. Saya juga kehilangan momen merayakan keberhasilan di usia ke-63," kata Nyad, yang berulang tahun ke-63 pada Rabu ini.

Nyad memulai usahanya Sabtu (18/8), berenang tanpa sangkar pelindung hiu dari Havana ke Florida sejauh 166 kilometer. Usahanya ini merupakan usaha yang keempat, bukan ketiga seperti yang ditulis sebelumnya.

Usaha yang pertama dilakukan pada 1978 dengan menggunakan sangkar tetapi gagal. Usahanya yang kedua dan ketiga dilakukan tanpa sangkar pada 2010 dan 2011 tetapi juga gagal. Nyad sudah berenang 41 jam 45 menit, dari perkiraan 72 jam.

Mark Sollinger, pemimpin tim yang menyertai Nyad mengatakan, perenang itu masih harus berenang 28 jam sampai 40 jam lagi untuk sampai ke darat. Sollinger mengatakan, tim yang mendampingi Nyad melihat sekumpulan ubur-ubur yang siap menghadang lajunya. Jika Nyad nekat terus berenang, nyawanya dapat melayang karena sengatan banyak ubur-ubur dalam waktu yang sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X