Subhan dan Rifat Mulai Survei Lokasi di Jerman

Kompas.com - 22/08/2012, 03:25 WIB
Editor

Veldenz, Selasa - Dua pereli Indonesia, Subhan Aksa dan Rifat Sungkar, memulai survei lokasi Reli Jerman di Veldenz pada Selasa (21/8). Mereka akan mengikuti Kejuaraan Reli Dunia (World Rally Championship) pada kelas berbeda, mulai Jumat (24/8) hingga Minggu (26/8).

”Kami survei lokasi reli di daerah Veldenz, sekitar 45 kilometer di luar Kota Trier, yang menjadi tempat servis mobil. Kami memetakan tempat-tempat yang harus diwaspadai dan tempat untuk menambah kecepatan,” tutur Subhan melalui surat elektronik kepada Kompas.

Selasa (21/8), Subhan akan melakukan survei di enam etape khusus dan tiga etape khusus pada Rabu (22/8). Kebun anggur menjadi pemandangan di sisi jalur reli.

Menurut Subhan, medan reli yang didominasi jalanan beraspal merupakan tantangan baru baginya. Selama ini, dia hanya pernah melewati jalanan tanah, berbatu, dan berkerikil ketika reli. Pereli berusia 26 tahun itu menilai harus menandai lokasi-lokasi khusus untuk mengurangi atau menambah kecepatan.

”Reli di jalan beraspal akan berlangsung dalam kecepatan sangat tinggi dan tidak boleh ada kesalahan. Jadi, kami harus menandai lokasi-lokasi manuver dengan tepat,” kata Subhan.

Di reli ini, Subhan akan berpasangan dengan Jeff Judd dari Selandia Baru. Judd adalah navigator senior yang sangat memahami lokasi-lokasi reli di Eropa, termasuk di Jerman.

Kehadiran Judd menggantikan navigator Hade Mboi sejak seri Selandia Baru yang lalu terbukti berhasil mengantarkan Subhan naik ke posisi ketiga klasemen sementara di kategori Production Car World Rally Championship (PWRC).

Sebelum survei, Subhan berlatih reli di jalan beraspal di Jerman, Senin (20/8). Hasilnya, Subhan mencatat waktu tercepat kedua di bawah Michal Kosciuszko, rivalnya yang kini menduduki posisi keempat klasemen sementara.

Selain menguji kecepatan dan melatih insting reli di aspal, latihan itu juga bertujuan untuk mencari setelan mesin yang tepat dan jenis ban yang paling cocok untuk reli Jerman. Secara total, Subhan berlatih sejauh 63 kilometer.

”Saya ingin merebut posisi lima besar di akhir reli ini. Jika memungkinkan, saya ingin kembali naik podium agar tetap berada di posisi tiga besar di akhir musim kompetisi,” ungkap Subhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X