Queen dan Lennon di Penutupan Olimpiade - Kompas.com

Queen dan Lennon di Penutupan Olimpiade

Kompas.com - 13/08/2012, 09:15 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Pesta penutupan Olimpiade London 2012, Minggu (12/8/2012) atau Senin WIB, menjadi tontonan torehan perjalanan bangsa Inggris, termasuk perkembangan musik pop.

Selama sekitar 3 jam, 80.000 penonton yang hadir disajikan perjalanan musik pop Inggris sejak era 1960-an yang diwakili Roger Daltrey dan Pete Townshend dari The Who, dekade 1970-an dengan ikon Queen minus Freddie Mercury, serta dekade 1980-an dengan George Michael dan Annie Lennox.

Sementara dekade 1990-an diwakili Spice Girls dan Take That. Sementara kelompok One Direction memperlihatkan kelompok musik Inggris yang masih eksis di industri musik pop dunia saat ini.

Para penghibur tersebut benar-benar mewakili sosok budaya Inggris sejak era Mod pada 1960-an yang ditandai dengan munculnya kelompok pengendara scooter di atas panggung. Histeria ditambah dengan munculnya suara Freddie Mercury dan John Lennon, dua musisi terbesar yang penah dimiliki Inggris.

Warna Queen kemudian diteruskan oleh personel kelompok ini yang masih hidup, Roger Taylor dan Brian May, yang membawakan "Brighton Rock" dan tentu saja "We Will Rock You." Posisi Freddie Mercury digantikan penyanyi Inggris, Jessie J.

Acara tradisional penutupan olimpiade dengan penyerahan bendera olimpiade dari Wali Kota Inggris, Boris Johnson, kepada pihak Rio de Janeiro yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2016.

Setelah obor Olimpiade London 2012 dipadamkan, para atlet 204 negara berpesta dan mengakhiri semuanya dengan menyaksikan ikon 1960-an dari kelompok The Who, Roger Daltrey.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorA. Tjahjo Sasongko

    Close Ads X