Kompas.com - 10/08/2012, 16:00 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com — Teka-teki mengenai masa depan Valentino Rossi akhirnya terkuak. "The Doctor" dipastikan akan kembali bergabung dengan Yamaha pada MotoGP musim 2013, setelah pabrik Jepang itu memberikan konfirmasi pada Jumat (10/8/2012).

Ducati lebih dulu memberikan pengumuman pada Jumat pagi bahwa Rossi meninggalkan mereka, setelah merasa kecewa dengan performa selama dua tahun ini. Sejak bergabung pada awal 2011, pebalap Italia tersebut sangat tidak kompetitif, dan hanya dua kali naik podium tanpa pernah meraih kemenangan.

Dengan demikian, Rossi ingin mengulangi masa kesuksesannya bersama tim "Garpu Tala" tersebut, ketika dia pindah dari Honda pada awal musim 2004. Dalam rentang waktu hingga akhir musim 2010, Rossi sukses merengkuh empat gelar juara dunia dari total tujuh trofi di MotoGP, mulai 2004, 2005, 2008, dan 2009, serta membukukan total 46 kemenangan, sebelum pindah ke Ducati.

Di Yamaha, Rossi akan kembali bertandem dengan pebalap Spanyol, Jorge Lorenzo, yang merupakan bekas rekan setimnya. Juara dunia sembilan kali grand prix ini mendapat kontrak berdurasi dua tahun, sama seperti yang dilakukan Lorenzo.

"Pengumuman ini sekali lagi menjadi berita yang menyenangkan bagi Yamaha," ujar bos Yamaha, Lin Jarvis. "Pada Juni lalu kami bisa mendapatkan tanda tangan Jorge Lorenzo untuk kejuaraan 2013-2014 dan sekarang kami bisa mengonfirmasi Valentino Rossi untuk dua tahun ke depan.

"Dengan demikian, kami bisa menyusun tim yang sangat kuat untuk mengejar kemenangan dan untuk mempromosikan merek Yamaha.

"Target untuk masa mendatang sudah jelas, dan kami akan melakukan yang terbaik untuk mewujudkannya.

"Saya tidak ragu dengan pengalaman, pengetahuan, skill, dan kecepatan dua pebalap juara yang kami miliki. Kami akan tertantang untuk meraih sebanyak mungkin kemenangan serta gelar juara dunia musim 2013 dan 2014."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.