Kompas.com - 09/08/2012, 18:47 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com - Pembicaraan mengenai kemungkinan Valentino Rossi kembali bergabung dengan Yamaha pada MotoGP musim 2013 tetap menarik untuk disimak. Apalagi, dalam waktu dekat, "The Doctor" akan membuat keputusan tentang masa depannya, sekaligus mengakhiri spekulasi yang beredar selama ini.

Menurut sejumlah sumber, seperti dilansir Crash.net awal pekan ini, kepastian Rossi bergabung dengan Yamaha akan segera diumumkan. Diperkirakan, menjelang GP Indianapolis pekan depan, semua gosip bakal menjadi nyata.

Nah, jika memang Rossi akhirnya meninggalkan Ducati dan bergabung dengan Yamaha, apakah dia bisa meraih sukses seperti dulu? Ini tentu saja menyisakan pertanyaan yang masih sangat sulit untuk dijawab, selain fakta di atas lintasan pada musim mendatang.

Namun menurut beberapa pebalap, Rossi bakal mengalami kesulitan untuk kembali meraih masa kesuksesan bersama tim "Garpu Tala". Apalagi, pebalap utama Yamaha, Jorge Lorenzo, sudah menancapkan dominasinya bersama tim Jepang tersebut.

"Selalu sulit untuk mengetahui semua latar belakang. Apa yang saya tahu adalah apa yang saya baca. Lorenzo mengatakan bahwa dia senang dengan kembalinya Valentino, yang memperlihatkan bagaimana dia sekarang tak takut lagi dengan siapapun, termasuk Rossi," ujar Claudio Corti, pebalap Moto2.

"Saat ini Rossi tak bahaya lagi karena Yamaha lebih bagus dari Ducati. Ketika pergi pada akhir 2010, Rossi masih diperlukan. Sekarang, kita juga harus mempertimbangkan bahwa Lorenzo mengetahui motor YZR-M1 dengan sangat baik."

Sementara itu pebalap tim CRT Ioda Racing Team, Danilo Petrucci, menilai Rossi sebaiknya menyelesaikan misinya bersama Ducati. Akan tetapi, tambahnya, apa yang dilakukan Rossi merupakan semangat sang juara setelah paceklik kemenangan dalam dua musim terakhir.

"Ini tentu pilihan yang sangat sulit, tetapi dengan Yamaha sudah terbukti. Dengan Ducati, tak pernah ada kecocokan, sedangkan Yamaha sudah membuktikan mereka memiliki mesin pemenang dan mungkin yang paling sempurna. Saya berharap anda kembali meraih kemenangan di MotoGP, meskipun bagi orang Italia, akan lebih menyenangkan bila dia melakukannya bersama Ducati.

Simone Corsi pun memberikan komentar. Pebalap Moto2 ini mengatakan, Rossi harus siap bertarung habis-habisan dengan Lorenzo, meskipun peraih sembilan gelar juara dunia grand prix ini harus memulai dari nol lagi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.