Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nairobi Ingin Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2024

Kompas.com - 09/08/2012, 14:31 WIB

LONDON, Kompas.com - Ibukota Kenya, Nairobi, berencana melakukan penawaran untuk mejadi tuan rumah Olimpiade 2024 dan menjadi kota pertama di Afrika sebagai tuan rumah, kata Perdana Menteri,  Rabu.  
    
"Perdana Menteri Kenya Raila Odinga, berbicara di Kenya National House hari ini, mengumumkan bahwa Republik Kenya akan memulai proses penawaran menjadi tuan rumah Olimpiade ke-33 pada 2024," demikian pernyataan dari "Kenya House".  "Bila berhasil, maka pertandingan ini merupakan yang pertama diadakan di Afrika," katanya.  

Komite Olimpiade Internasional akan memilih tuan rumah Olimpiade 2024 pada tahun 2017 dan kampanye untuk menjadi tuan rumah itu dimulai dua tahun sebelumnya.  
Negara Afrika sebelumnya sudah pernah mengajukan penawaran, ketika ibukota Mesir, Kairo, gagal menjadi tuan rumah 2008, yang diselenggarakan di Beijing.  

Cape Town di Afrika, juga menawarkan diri pada 2004, yang kemudian diadakan di Athena. Negara Afrika menjadi tuan rumah sepak bola Piala Dunia, pertama kali diadakan di benuda Arika.  
    
Olimpiade 2016 akan diadakan di Rio de Janeiro - pertama kali di Amerika Selatan - sedangkan Tokyo, Madrid dan Istanbul mencalonkan diri untukk acara 2020, dan keputusannya akan diumumkan tahun depan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com