Kompas.com - 07/08/2012, 21:49 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com - Teka-teki mengenai masa depan Valentino Rossi untuk MotoGP musim 2013 akan segera terjawab. Menurut sejumlah sumber seperti dilansir Crash.net, Selasa (7/8/2012), konfirmasi bahwa "The Doctor" akan kembali ke Yamaha bakal diumumkan sesegera mungkin saat GP Indianapolis pada 19 Agustus.

Spekulasi apakah Rossi akan memperpanjang kontrak dengan Ducati atau menerima tawaran untuk bergabung lagi dengan tim pabrik Yamaha, tempat di mana dia merengkuh empat gelar juara dunia MotoGP, menjadi pokok pembicaraan selama beberapa pekan terakhir. Tetapi, sampai sekarang belum ada titik terang langkah apa yang akan diambil pebalap Italia tersebut.

Meskipun demikian, menurut Gazzetta dello Sport, Rossi sudah membulatkan tekad untuk angkat kaki dari Ducati, setelah mengalami dua musim yang sangat mengecewakan. Peraih sembilan gelar juara dunia grand prix ini bakal kembali ke skuad tim "Garpu Tala", dan menurut harian olahraga tersebut, kepastiannya akan terjadi pada malam pra-event di Indianapolis, yaitu 15 Agustus.

Jika akhirnya terwujud, maka Rossi akan mengisi tempat Ben Spies, yang sudah lebih dulu mengumumkan bahwa dia hengkang pada akhir musim 2012 ini. Dengan demikian, maka duel Rossi-Lorenzo akan terjadi lagi, setelah mereka juga sempat menjadi tandem pada 2008-2010.

Lantas, siapa yang akan menggantikan Rossi di skuad Ducati? Pebalap satelit Yamaha Tech 3, Cal Crutchlow, yang selama ini menjadi bahan pembicaraan karena kedua pihak sudah pernah mengadakan hubungan, ditengarai akan menjadi rekan baru bagi Nicky Hayden. Sementara itu Andrea Dovizioso dan Spies tampaknya akan pindah ke World Superbike, karena kecewa dengan kenyataan yang dihadapi - Dovizioso gagal wujudkan ambisi untuk bergabung dengan tim pabrik, meskipun performanya sepanjang musim 2012 ini sangat menjanjikan.

Sejauh ini, baru beberapa pebalap yang sudah mengikat kontrak untuk MotoGP 2013. Lorenzo sepakat memperpanjang kontrak berdurasi dua tahun dengan Yamaha, Repsol Honda sudah mendapatkan pebalap muda berbakat yang menjadi favorit juara dunia Moto2 musim 2012, Marc Marquez, yang menggantikan posisi Casey Stoner dan bergabung dengan Dani Pedrosa, sedangkan Hayden saat berlangsung GP Amerika Serikat di Laguna Seca sudah sepakat tetap bersama Ducati.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.