Kompas.com - 07/08/2012, 17:54 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com - Sejak 2002, kelas paling bergengsi di arena balap motor, 500 cc, berganti nama menjadi MotoGP. Kapasitas mesin motor pun ditingkatkan, dengan beberapa kali mengalami perubahan, termasuk pengalihan dari 2-tak menjadi 4-tak.

Transisi ke kategori baru ini memunculkan sejumlah kontroversi, karena bukan cuma mengakhiri sebuah kelas penuh sejarah (500 cc), tetapi munculnya berbagai aturan baru, termasuk penggunaan sistem kontrol elektronik, yang sangat memengaruhi balapan.

Terlepas dari soal kontroversi, menarik untuk melihat bagaimana pertarungan di lintasan balapan. Sejumlah nama beken kerab mempertontonkan aksi menawan nan mendebarkan, mulai dari Max Biaggi, Sete Gibernau, dan Valentino Rossi, yang meramaikan persaingan MotoGP era mesin 990cc, hingga para pebalap sekarang di era mesin 800 cc (dan berganti lagi menjadi 1.000 cc), Jorge Lorenzo, Casey Stoner, dan Dani Pedrosa.

Namun, satu nama yang selalu tampil konsisten adalah Rossi. Sejak era MotoGP dimulai, pebalap dengan julukan "The Doctor" ini yang paling banyak menggenggam trofi juara dunia yakni enam kali. Total, Rossi sudah tujuh kali menjadi juara dunia kelas premier, termasuk pada era terakhir kelas 500 cc, yaitu tahun 2001.

Sayang, pada dua musim terakhir nama Rossi benar-benar tenggelam ditelan Jorge Lorenzo dan Casey Stoner. Motor Ducati Desmosedici tunggangannya yang tidak kompetitif memberikan andil yang sangat besar dalam kegagalannya tersebut, sehingga juara dunia sembilan kali grand prix ini kecewa dan mungkin akan kembali ke Yamaha pada musim 2013.

- Daftar juara MotoGP

2002 Valentino Rossi – Honda RC 211V Italy
2003 Valentino Rossi – Honda RC 211V Italy
2004 Valentino Rossi – Yamaha YZR M1 Italy
2005 Valentino Rossi – Yamaha YZR M1 Italy
2006 Nicky Hayden –  Honda RC 211V USA
2007 Casey Stoner – Ducati Desmosedici GP7 Australia
2008 Valentino Rossi – Yamaha YZR M1 Italy
2009 Valentino Rossi – Yamaha YZR M1 Italy
2010 Jorge Lorenzo – Yamaha YZR M1 Spain
2011 Casey Stoner – Honda RC 212V Australia

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.