Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wiggins Akhirnya Raih Emas

Kompas.com - 03/08/2012, 03:21 WIB

London, Kamis - Pebalap sepeda Inggris yang belum lama ini menjuarai Tour de France 2012, Bradley Wiggins, akhirnya meraih medali emas di nomor individual time trial. Wiggins finis tercepat setelah menempuh jarak 44 kilometer dan menambah medali olimpiadenya menjadi tujuh.

Wiggins meraih emas dengan mencetak waktu 50 menit 39 detik atau 42 detik lebih cepat dari juara dunia asal Jerman, Tony Martin, dan 68 detik lebih cepat dari rekan sesama tim Inggris, Chris Froome, runner-up Tour de France 2012.

”Saya tak pernah berpikir karier olahraga saya akan mencapai titik tertinggi seperti sekarang ini. Inilah, tidak akan pernah lagi lebih baik dari ini. Luar biasa,” ungkap Wiggins.

Medali emas individual time trial itu adalah koleksi emas olimpiade keempat bagi Wiggins. ”Jadi, saya harus terus melanjutkan ke Rio (de Janeiro 2016) dan membuatnya menjadi lima sehingga bisa meraih kedudukan yang sama dengan Sir Steve Redgrave dan Sir Chris Hoy yang sungguh spesial,” ujarnya.

Meski tertinggal di sembilan kilometer pertama oleh Martin, Wiggins tak panik. Dia terus bertahan dan mengayuh pedalnya semakin cepat sehingga di jarak 18 kilometer, dia sudah 11 detik di depan lawannya. Seiring dengan suara dukungan penonton yang semakin menyemangatinya, Wiggins pun terus memperlebar jarak dari lawan-lawannya dan di kilometer ke-29 unggul 23 detik. Setelah itu, dia tak bisa lagi dikejar lawan-lawannya dan mencapai garis finis dengan meyakinkan.

”Anda pasti tuli jika tidak mendengar teriakan mereka. Namun, saat saya paling menyadarinya adalah ketika mencapai perputaran di Kingston, suara mereka begitu luar biasa. Saya tidak akan pernah mengalami hal seperti ini lagi dalam karier olahraga saya. Itu sangat fenomenal,” papar Wiggins mengomentari dukungan penonton yang begitu besar kepadanya dan Froome.

Wiggins yang kelahiran 28 April 1980 itu sebelumnya meraih perunggu di Olimpiade Sydney 2000. Kemudian di Olimpiade Athena 2004, dia meraih emas di nomor individual pursuit, perak di team pursuit, dan perunggu bersama Rob Hayles di nomor madison.

Di Olimpiade Beijing 2008, dia berhasil mempertahankan medali emas di individual pursuit dan kemudian memenangi medali emas lagi di team pursuit.

Dengan koleksi tujuh medali olimpiade, Wiggins menjadi atlet olimpiade terbaik di Inggris dengan jumlah medali terbanyak. Meski demikian, koleksi medali emasnya masih kalah dari Sir Steve Redgrave yang mengoleksi lima emas dan satu perunggu.

Pebalap sepeda Inggris, Chris Broadman, yang penampilannya di nomor individual pursuit Olimpiade 1992 menjadi inspirasi bagi Wiggins muda, memuji prestasi Wiggins sepanjang tahun ini. Broadman menobatkan Wiggins sebagai pebalap sepeda Inggris Raya terbaik sepanjang masa. ”Saya tak ragu mengatakan itu,” kata Broadman, yang juga merupakan salah satu atlet terkemuka Inggris Raya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com