Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kursi Penonton Kosong

Kompas.com - 30/07/2012, 09:33 WIB
Simon Saragih

Penulis

LONDON, KOMPAS.com — Para penyelenggara Olimpiade London 2012 mencoba mengatasi kursi-kursi kosong, dengan memberikan tiket gratis kepada anak-anak sekolah dan tentara Inggris. Ini terutama dilakukan pada penyelenggaraan olimpiade hari Minggu (29/7/2012).

Demikian diberitakan harian The Washington Post edisi Senin (30/7/2012). Ini dilakukan setelah tayangan-tayangan televisi memperlihatkan kursi-kursi kosong, termasuk di arena olahraga terkenal, seperti renang dan gimnastik, yang justru diberitakan penuh penonton.

Ini memunculkan spekulasi bahwa perusahaan-perusahaan sponsor tidak menjual tiket yang dialokasikan kepada mereka.

Menteri Kebudayaan Inggris Jeremy Hunt, yang bertanggung jawab soal olimpiade, mengatakan akan menyelidiki apa yang terjadi.

"Kami menduga kursi-kursi kosong adalah milik para sponsor. Akan tetapi, jika para sponsor tidak berminat, kami menginginkan agar tiket-tiket itu kami jual kembali untuk menciptakan atmosfer," katanya.

Pihak Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan, kursi-kursi kosong adalah jatah para sponsor, yang mendapatkan 8 persen alokasi tiket. Direktur Komunikasi IOC Mark Adams mengatakan, aksi saling tuding soal kursi kosong merebak.

Sejumlah sponsor, seperti Coca-Cola, Visa, dan McDonald’s, mengatakan bahwa tiket-tiket jatah mereka sudah dialokasikan.

Isu soal tiket ini kontradiktif. Penyelenggara mengatakan bahwa tiket yang sudah terjual sebanyak 7 juta, lebih dari tiket yang terjual saat Olimpiade Beijing 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com