Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Pembukaan, Pengunjuk Rasa Bentrok dengan Polisi

Kompas.com - 29/07/2012, 02:37 WIB
Tabita Diela

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Polisi menahan sejumlah demonstran dekat Olympic Stadium ketika Upacara Pembukaan Olimpiade tengah berlangsung.

Sekitar 50 pesepeda, yang mengambil bagian pada acara bulanan protes Massa Kritis pengendara sepeda, bentrok dengan aparat keamanan di Stanford, London Timur. Jumlah mereka membengkak karena massa dari Occupy London, sebuah kelompok anti kapitalis, ikut bergabung dengan mereka.

Insiden ini terjadi di sekitar Olympic Park, tepatnya di salah satu jalan utama menuju tempat Olimpiade.

Para pesepeda ini merupakan peserta acara reguler mengendara sepeda bersama-sama berkeliling London. Acara ini biasanya digelar pada hari Jumat terakhir setiap bulan. Kali ini, mereka diberikan jalur khusus karena dikhawatirkan akan mengambil jalan-jalan di sekitar situs Olimpiade.

Namun, polisi turun tangan ketika beberapa peserta diduga melanggar peraturan batasan rute mereka.

Seorang juru bicara Scotland Yard mengatakan, "Sejumlah orang yang melanggar peraturan dalam acara bersepeda bulanan telah ditangkap."

Mobil polisi mengarah ke arah para pengunjuk rasa ketika para pengunjuk rasa mengendarai sepeda mereka dalam bentuk formasi, dekat dengan taman.

Aparat menghalangi rute mereka dan beberapa dari antara mereka terpaksa turun dari sepeda, ketika mereka mencoba untuk melewati batas yang telah dibuat petugas. Pesepeda yang telah ditahan dikenakan Pasal 12 dari Undang-Undang Ketertiban Umum.

Tak ada laporan mengenai korban akibat insiden ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com