Kompas.com - 28/07/2012, 11:42 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorPepih Nugraha

LONDON, KOMPAS.com - Atlet perempuan pertama Arab Saudi yang ikut bertanding dalam Olimpiade tampil dalam upacara pembukaan Olimpiade London 2012 pada Jumat (27/7/2012) malam waktu setempat. Mereka mengenakan hijab tradisional. Arab Saudi adalah satu dari tiga negara selain Brunei dan Qatar, yang belum pernah mengirim atlet perempuannya bertanding dalam Olimpiade.

Akhirnya, pada awal tahun ini, ketiga negara memberikan konfirmasinya bahwa dalam Olimpiade tahun ini di London, ketiga negara tersebut akan mengirimkan perempuan di dalam delegasi atletnya.Wojdan Ali Seraj Abdulrahim Shaherkani dan Sarah Attar akan bertanding dalam kategori nomor +78kg di cabang olah raga judo, dan untuk nomor 800 m cabang olah raga lari.

Sebelumnya, Arab Saudi hanya mengirim tim laki-laki pada ajang multi-olah raga terbesar di dunia.Pada hari Kamis (26/7/2012), Presiden Federasi Judo Internasional Marius Vizer mengatakan kepada Shaherkani bahwa ia harus bertanding tanpa jilbab. Ini adalah sebuah keputusan yang akan menyebabkan kontroversi di Arab Saudi. Padahal, seorang perempuan berpartisipasi dalam acara olah raga saja sudah menjadi isu kontroversial.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.