Kompas.com - 27/07/2012, 23:36 WIB
|
EditorTri Wahono

LONDON, KOMPAS.com — Setelah menempuh perjalanan sejauh 8.000 mil (sekitar 9.600 km) dalam waktu 69 hari, akhirnya obor olimpiade memasuki kota London dan disambut dengan meriah.

Ribuan warga London, Inggris, Jumat (27/7/2012), turun ke jalan memadati jalur kedatangan obor olimpiade menuju venue utama tempat pelaksanaan upacara pembukaan Olimpiade London 2012 nanti malam.

Di antara ribuan orang yang menyambut kedatangan obor olimpiade tersebut, keluarga kerajaan juga tak mau ketinggalan untuk ikut bersorak bersama rakyatnya. Tampak Pangeran William dan Kate Middleton, Duke of Edinburgh, Prince of Wales, dan Duchess of Cornwall juga turut serta dalam penyambutan obor ini.

DIperkirakan akan ada 120 pemimpin dunia, termasuk Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama dan anak-anaknya yang akan memimpin delegasi Amerika Serikat.

Tak hanya itu, Brad Pitt dan Angelina Jolie, pemenang medali emas dan legenda tinju dunia Muhammad Ali, bintang film James Bond, Daniel Craig, dan Sir Paul McCartney juga turut hadir dan akan berpartisipasi dalam upacara pembukaan yang dikabarkan akan bertema pedesaan nanti malam sekitar pukul 20.12 waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Sesampainya di kota London, obor olimpiade diarak menggunakan bus tingkat dengan atap terbuka dan berjalan sepanjang Oxford Street menuju ke Hyde Park. Sampai dengan saat ini, masih dirahasiakan siapa yang akan menyalakan obor olimpiade dalam upacara pembukaan.

Saat obor olimpiade sampai di Istana Buckingham, Kamis kemarin, semua warga menyambutnya dengan menyanyikan lagu kebangsaan Inggris "God Save The Queen". Obor tersebut kemudian diserahkan oleh Wai Ming kepada John Hulse.

Untuk lebih menyemarakkan olimpiade, tepat pada saat upacara pembukaan nanti, jam Big Band akan berdenting selama tiga menit, diiringi bunyi lonceng dari ratusan gereja yang ada di sekitar London.

Hal ini merupakan kejadian langka karena pada hari biasa jam Big Band hanya akan berdenting tiap satu jam sekali, misalnya pada pukul 19.00 dan 20.00 waktu setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.