Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muse dan Chemical Brothers Menjadi Kado Rahasia untuk Penonton

Kompas.com - 26/07/2012, 23:16 WIB
Anmaria Redi Pinta Dasyanti

Penulis

LONDON, KOMPAS.com — Untuk lebih memeriahkan pertandingan dalam Olimpiade London 2012, setiap sesi dalam seluruh pertandingan yang dimulai hari Jumat (27/7/2012) akan dimeriahkan dengan video, musik, dan tata cahaya yang meriah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan euforia dan semangat penonton agar tidak jenuh selama menyaksikan pertandingan. Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Olimpiade London 2012, Rabu (25/7/2012).

Pada setiap sesi pertandingan tersebut, dikabarkan akan ditampilkan konser live seniman-seniman Inggris, bahkan penampilan dari band-band ternama, seperti Muse dan Chemical Brothers. Sayangnya, masih belum diketahui di cabang olahraga apa mereka akan tampil menghibur para penonton olimpiade.

Kemungkinan banyak penonton yang baru pertama kali menyaksikan pertandingan dalam olimpiade, misalnya handball dan polo air. Pihak panitia akan mengajarkan dengan memberikan sekilas pandang tentang cabang olahraga yang akan mereka saksikan agar mereka tidak terlalu jenuh dan bisa mengerti apa yang sedang mereka saksikan.

"Kami membuat sesuatu yang inovatif dengan memberikan sesuatu yang beda agar mereka bisa memahami olahraga yang sedang mereka saksikan," kata Debbie Jevans, kepala bidang olahraga dari LOCOG, pada konferensi pers jelang hari pertama kompetisi.

"Misalnya pada cabang olahraga modern pentathlon, handball, dan polo air yang tidak terlalu banyak ditemui di Inggris, sehingga kami ingin agar penonton mengerti apa yang mereka saksikan dan bisa menikmatinya," tambahnya.

Sebuah playlist yang berisi setidaknya 2.012 lagu sudah dipersiapkan selama pesta olahraga dunia tersebut. Jevans mengatakan, walaupun demikian, pihak penyelenggara sudah memilih lagu-lagu yang tepat dan tidak menjadikan olimpiade sebagai sebuah konser rock, seperti halnya pada Euro 2012 lalu, di mana gendang telinga beberapa penonton terganggu oleh suara musik rock yang memekakkan telinga.

"Yang terpenting adalah bagaimana pertandingan olahraga tersebut dan bagaimana atmosfer di sekeliling tempat pertandingan tersebut," tambah Jevans.

Jika penonton membutuhkan suasana yang lebih privat, pihak penyelenggara menyediakan earphone yang bisa dibeli dengan harga 10 poundsterling atau sekitar 15,53 dollar AS agar bisa mendengar sekaligus komentator dari 12 pertandingan yang sedang berlangsung di berbagai venue sesuai kebutuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com