Lewat Senam, Orozco Ingin Tinggalkan Bronx

Kompas.com - 22/07/2012, 14:24 WIB
EditorA. Tjahjo Sasongko

NEW YORK, Kompas.com - Atlet senam AS, John Orozco,  berharap lewat olah raga ini ia pada suatu hari dapat memindahkan keluarganya dari daerah kumuh di Bronx.

Orozco, 19, menjadi satu harapan AS untuk merebut medali emas cabang senam di Olimpiade London 2012.

Bagi Orozco, keinginan ini menjadi semacam balasan atas pengorbabanan keluarganya untuk pencapaian dalam karirnya sebagai atlet senam dengan biaya tinggi di gym-nya di Chappaqua.

"Semua berkat pengorbanan keluarga saya," kata Orozco. "Saya ingin  membelikan mereka rumah kecil di Colorado. Saya ingin tinggal dekat mereka, makan bersama mereka. Keluarga adalah segalanya buat saya. Lebih dekat, lebih baik."

Orozco memang besar di Bronx, sebuah pemukiman kumuh dengan tingkat kejahatan tertinggi di AS. Saat kecil hingga menjelang remaja, Orozco bahkan kerap terbentur masalah dengan berandal-berandal wilayah itu.

Kakak laki-lakinya bahkan pernah ditusuk sekelompok remaja berandal saat mereka berdua baru pulang usai mengikuti misa di gereja. Kakaknya bahkan harus dirawat selama beberapa hari di rumah sakit. "Ini bukan sekali terjadi, tetapi itulah yang terburuk,"  kata Orozco lagi.

Keinginan Orozco keluar dari "neraka" ini tampaknya akan mudah terwujud. Sponsor utamanya, Chobani Yogurt, bahkan bersedia menanggung biaya perjalanan seluruh keluarganya untuk menyaksikan Orozco bertanding di London.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X