Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa yang Menyalakan Kaldron Olimpiade?

Kompas.com - 21/07/2012, 14:55 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Perdebatan mengenai siapa yang akan menyalakan kaldron olimpiade terus bergulir. Bahkan sampai terjadi perang kata-kata antara Daley Thompson dan Steve Redgrave, dua nama yang diprediksi akan menyalakan kaldron untuk menandakan mulainya Olimpiade 2012 di London, Inggris.

Redgrave merupakan pemenang medali emas dari cabang olahraga dayung dalam lima olimpiade berturut-turut, sedangkan Thompson adalah atlet dari cabang olahraga atletik yang merupakan teman dekat Sebastian Coe, Ketua Penyelenggara Olimpiade London 2012.

"Menurut saya, Sebastian Coe merupakan atlet olimpiade terbaik kedua setelah saya sendiri," ujar Thompson kepada The Daily Telegraph, Jumat (20/7/2012) lalu.

Ia menanggapi pernyataan Redgrave yang mengatakan bahwa Redgrave merupakan salah satu atlet olimpiade terbaik dari Inggris.

"Steve Redgrave tidak sekelas dengan Sebastian Coe. Dia adalah seorang pendayung. Saya pikir trek di lapangan adalah olahraga paling sulit dalam olimpiade, dan berarti itu harus mendapat penghargaan yang lebih besar," tambah Thompson.

Redgrave memenangi medali emas pertamanya di Los Angeles pada tahun 1984 dan pernah membawa obor olimpiade dengan mendayung menyeberangi Sungai Thames. Sementara Thompson akan membawa obor Olimpiade 2012 minggu depan ketika obor tiba di London.

Sementara perdebatan dan adu mulut terus berlangsung, pihak penyelenggara masih merahasiakan keputusan tersebut sampai dengan upacara pembukaan olimpiade nanti.

Beberapa media juga melaporkan bahwa ada kemungkinan seorang pemuda yang tidak dikenal yang akan diberikan tugas menyalakan kaldron olimpiade, mengingat pernah pula terjadi hal demikian pada tahun 1996 ketika Muhammad Ali dipilih untuk menyalakan kaldron olimpiade di Atlanta saat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com