Dovizioso Ukir Sejarah Baru bagi Tech 3 di MotoGP

Kompas.com - 19/07/2012, 22:26 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com — Andrea Dovizioso tampil impresif dalam debutnya bersama tim satelit Yamaha Tech 3 pada musim 2012 ini. Baru melakoni sembilan seri dari total 18 seri yang harus diselesaikan sepanjang musim ini, Dovizioso sudah empat kali naik podium, membawanya sebagai pebalap yang paling banyak naik podium dalam sejarah Tech 3 di sebuah musim MotoGP.

Tech 3 untuk pertama kalinya tampil di kelas 500 cc setelah finis di posisi pertama, dan kedua bersama Olivier Jacque dan Shinya Nakano, pada kejuaraan dunia kelas 250 cc tahun 2000. Sejak itu mereka selalu menggunakan mesin satelit Yamaha, mulai dari mesin 2-tak dan kemudian mesin M1 4-tak dari akhir 2002.

Meskipun Dovizioso yang paling banyak naik podium karena finis di posisi ketiga, termasuk tiga kali dalam empat seri terakhir, tetapi dia belum menjadi pebalap Tech 3 yang finis dengan posisi tertinggi dalam sebuah balapan MotoGP. Predikat ini masih menjadi milik dua pebalap Texas, Colin Edwards (2009) dan Ben Spies (2010), yang masing-masing sukses membawa Tech 3 finis di posisi kedua.

Namun untuk posisi di klasemen, Dovizioso memiliki peluang untuk membuat sejarah baru. Saat ini mantan pebalap Repsol Honda tersebut berada di urutan keempat, dan merupakan posisi teratas untuk kategori pebalap tim satelit, serta kedua terbaik untuk pengguna mesin M1 setelah pebalap tim pabrik Yamaha, Jorge Lorenzo, berada di puncak klasemen.

Jika Dovizioso bisa mempertahankan posisi tersebut sampai akhir musim, maka dia bakal mencetak sejarah baru sebagai pebalap pertama yang menempatkan tim tersebut di posisi tertinggi. Akan tetapi, Dovizioso harus mewaspadai ancaman rekan setimnya, Cal Crutchlow.

Memang, Crutchlow belum pernah naik podium. Meskipun demikian, pebalap Inggris tersebut selalu memperlihatkan potensinya sebagai salah satu pengancam bagi Dovizioso (saat ini dia hanya tertinggal 13 poin, dan menempati posisi kelima). Hasil terbaik Crutchlow pada musim 2012 ini adalah finis di posisi keempat.

- Jumlah podium Tech 3 di kelas 500cc/MotoGP:

2012*:
4th Championship Andrea Dovizioso: 4 podiums
5th Championship Cal Crutchlow: 0

2011:
9th Colin Edwards: 1
12th Cal Crutchlow: 0

2010:
6th Ben Spies: 2
11th Colin Edwards: 0

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X