Dovizioso Pindah ke Superbike Jika Gagal ke Yamaha

Kompas.com - 17/07/2012, 22:33 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

MUGELLO, Kompas.com - Andrea Dovizioso sudah punya alternatif lain jika akhirnya gagal mewujudkan ambisinya untuk menunggang motor pabrik Yamaha pada MotoGP 2013. Pebalap Italia ini mengatakan bahwa dia akan pindah ke World Superbike, untuk mencari pengalaman lain.

Dovizioso, yang kini tergabung di tim satelit Yamaha Tech 3, sudah secara terang-terangan mengatakan bahwa targetnya pada musim baru nanti adalah masuk skuad tim pabrik asal Jepang tersebut. Tetapi sampai sekarang, belum ada sinyal positif dari Yamaha untuk menggaetnya sebagai pendamping Jorge Lorenzo.

Padahal, mantan pebalap Repsol Honda ini sudah memperlihatkan potensinya secara maksimal. Dari lima balapan terakhir, Dovizioso empat kali naik podium, yang membuatnya kini berada di peringkat keempat klasemen sementara, sekaligus pebalap terbaik dari tim satelit.

"Yamaha belum membuat keputusan. Saya pun memahami bahwa pencari bakat tak memperhitungkan, meskipun hasilku sudah memperlihatkannya. Saya juga sudah tahu bahwa saya mungkin tidak pernah akan mendapatkan motor pabrik," ujar Dovizioso kepada Motosprint.

"Tetapi saya memiliki sejumlah alternatif - tim lain dan keputusan lain - dan saya juga sedang mempertimbangkan sesuatu yang sangat berbeda."

Ditanya apakah dia mungkin beralih ke Superbike, Dovizioso menjawab dengan pasti: "Ya, itu. Tujuanku di MotoGP adalah mendapatkan sebuah motor yang bagus, karena hanya dengan demikian, saya bisa mewujudkan cita-citaku: bertarung untuk merebut gelar juara. Jika saya tidak mendapatkan itu, maka saya mungkin pergi untuk mencari pengalaman berbeda."

Sejauh ini, Yamaha sudah memastikan bahwa Lorenzo jadi pebalap utamanya pada musim depan, dan tim Repsol Honda pun telah mendapatkan calon juara dunia Moto2, Marc Marquez, sebagai pengganti Casey Stoner, yang pensiun pada akhir musim ini. Marquez akan berduet dengan Dani Pedrosa.

Dengan demikian, masih ada beberapa pebalap yang masa depannya belum jelas. Salah satunya adalah juara dunia tujuh kali MotoGP, Valentino Rossi, meskipun pebalap Italia tersebut memberikan indikasi akan bertahan bersama Ducati, setelah melakukan pembicaraan dengan manajemen Audi di Sachsenring.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X