Lorenzo Terlalu Perkasa, Stoner Nyaris Jatuh dan Terpuruk

Kompas.com - 15/07/2012, 19:55 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

MUGELLO, Kompas.com — Jorge Lorenzo tampil sangat impresif dalam balapan selama 23 lap di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu (15/7/2012). Start dari posisi kedua, pebalap Yamaha ini langsung menyalip Dani Pedrosa dan tak terkejar lagi hingga masuk garis finis.

Sementara itu Pedrosa, sang pemegang pole position, harus puas finis di urutan kedua. Pebalap Repsol Honda ini tak berdaya menghadapi agresivitas Lorenzo, yang memang sudah memberikan indikasi bakal sulit dikalahkan, ketika merajai tiga latihan bebas di seri kesembilan ini. Lorenzo hanya kalah saat kualifikasi karena dia mengalami persoalan elektronik pada motornya, ketika berusaha mengalahkan catatan waktu Pedrosa.

Posisi ketiga dihuni pebalap satelit Yamaha Tech 3, Andrea Dovizioso. Ini menjadi podium ketiga secara berturut-turut bagi Dovizioso, yang mengincar kursi satu kursi tersisa di tim pabrik Yamaha, menggantikan Ben Spies, yang kali ini finis di posisi ke-11.

Dengan hasil di Mugello ini, Lorenzo, yang membukukan kemenangan kelima sepanjang musim 2012, kian kokoh di puncak klasemen sementara dengan total poin 185. Dia unggul 19 poin dari Pedrosa yang ada di urutan kedua. Sementara itu, Stoner harus puas dengan hanya meraih delapan poin dalam balapan ini, setelah finis di urutan kedelapan. Dengan demikian, Stoner semakin jauh tertinggal dari Lorenzo, karena kini selisih poinnya 37.

Jalannya balapan

Selepas start, Lorenzo langsung agresif dan berhasil menyalip Pedrosa di tikungan pertama. Tak lama berselang, Dovizioso yang start dari urutan keenam juga berhasil mengalahkan Pedrosa, yang mendapat tekanan dari Hayden.

Memasuki lap kedua, pertarungan di barisan depan masih berlangsung ketat antara Lorenzo, Dovizioso, Pedrosa, Hayden, Stefan Bradl. Sementara itu, Stoner merangsek ke urutan keenam, menggeser Hector Barbera, yang sempat mengalami getaran hebat pada motornya.

Pada lap ketiga, Bradl menyalip Hayden. Sementara itu, Lorenzo secara perlahan mulai membuat jarak dengan para rivalnya. Pada lap kelima, juara dunia 2010 ini sudah unggul lebih dari 0,8 detik atas Pedrosa, yang berhasil menyalip Dovizioso. Persaingan seru justru untuk memperebutkan posisi kedua, yang melibatkan Pedrosa, Dovizioso, Bradl, dan Hayden.

Sementara di barisan ketiga, Rossi sudah mengalahkan Spies dan Barbera untuk menempati urutan ketujuh. "The Doctor" mendapat tekanan dari Cal Crutchlow, yang performanya kali ini tak seperti pada seri-seri sebelumnya, di mana dia hampir selalu bersaing di barisan depan. Stoner pun demikian, karena dia berada di urutan keenam dengan pautan waktu lebih dari 3 detik.

Memasuki lap ketujuh, Lorenzo kian jauh dengan keunggulan lebih dari 1 detik atas Pedrosa. Tak cuma itu, pebalap Spanyol ini pun membuat rekor baru di Mugello, mengalahkan catatan yang dibikinnya ketika menjadi juara di sini pada tahun lalu. Kali ini Lorenzo membukukan waktu 1 menit 48,023 detik, sedangkan circuit record tahun lalu adalah 1 menit 48,402 detik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X