Kompas.com - 11/07/2012, 17:52 WIB
EditorA. Tjahjo Sasongko

SILVERSTONE, Kompas.com - Rio Haryanto, pebalap Pertamina GP2 Team dan rekan setimnya di Marussia Carlin GP2 Team, Max Chilton minggu ini akan menjalankan program Formula 1 Young Driver Test di sirkuit Silverstone, Inggris,tanggal 12 dan 13Juli.

Rio dan Max telah menjadi bagian dari Marussia F1 Team Young Driver Programme, dan keduanya sebelumnya sempat mendapatkan kesempatan sesi ujicoba Formula 1. Rio sempat mengendarai mobil F1 selama setengah hari dalam sesi testing di Abu Dhabi pada tahun 2010.

Ali Mundakir, Vice President, Corporate Communication, PT Pertamina (Persero), sebagai sponsor utama yang telah membantu karir Rio di dunia balap sejauh ini, mengungkapkan: “Pertamina telah berkomitmen untuk terus mendukung terciptanya prestasi terbaik bagi pebalab nasional Rio Haryanto, tidak hanya melalui ajang GP2 melainkan juga Formula 1. Program Formula One Young Driver Test bersama tim Marussia F1 ini merupakan kesempatan terbaik yang dapat dimanfaatkan oleh Rio Haryanto untuk menorehkan sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang berkompetisi di ajang kompetisi motorsport tertinggi dunia”.

Berdasarkan penampilan yang positif di kejuaraan GP2Series sejauh ini, tim Marussia sangat antusias  memberikan kesempatan yang sangat berharga kepada kedua pebalap guna mengevaluasi lebih jauh potensi perkembangan mereka untuk mencapai jenjang kompetisi motorsport tertinggi.

Masing-masing akan memperoleh sesi testing satu hari penuh menggunakan mobil 2012MR-01, yang dibagi dalam jadwal dua hari. Pada hari pertama, yang akan diselenggarakan di sirkuit Grand Prix, Max dijadwalkan akan melakukan testing di sesi pagi, dan Rio di sesi siang. Aktifitas selanjutnya di hari kedua akan dilangsungkan di sirkuit International, dengan Rio dijadwalkan melakukan testingnya di sesi pagi dan Max di sesi siang hari.

Prinsipal Marussia F1 Team, John Booth  menjelaskan bahwa timnya sangat senang dapat memberikan Rio dan Max kesempatan menguji coba mobil Formula 1 guna membuktikan potensi mereka lebih jauh. Tim Marussia F1 telah mendapatkan kesan positif atas penampilan mereka dalam musim balap GP2 sejauh ini. Rio telah bekerja sama dengan tim sejak tahun 2010, saat ia pertama kali membalap di GP3.

Lebih lanjut, John Booth menjelaskan: “Berkaitan dengan program yang akan dijalankan oleh kedua pebalap, mereka akan memperoleh akses data dari balapan British Grand Prix yang baru saja berlangsung akhir pekan lalu dan dapat mereka pakai sebagai acuan untuk melakukan set-up dasar dalam program mereka. Pada balapan British Grand Prix yang lalu, kami menjalankannya dalam kondisi basah. Maka Rio dan Max juga dapat mengadaptasikan data-data membalap dalam kondisi tersebut agar dapat menghadapi dan memiliki pengalaman balapan dalam kondisi track yang berbeda-beda."

"Selain berkesempatan merasakan bekerja dengan para teknisi balap kami dalam urusan prosedur dan pengendalian, kami juga telah menyediakan cukup banyak ban baru yang akan memberikan kesempatan mereka melakukan simulasi kualifikasi dan balapan. Juga, mereka dapat belajar mengenai penggunaan ban Pirelli 2012 secara optimal. Kondisi Rio dan Max cukup bugar, namun program ini akan memberikan informasi penting bagaimana melakukan pendekatan fisik dan mental dalam balap Formula 1," lanjut Booth. (*/)

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X