Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alonso Rebut Posisi Terdepan di Detik Akhir

Kompas.com - 08/07/2012, 03:41 WIB

Silverstone, sabtu - Setelah menunggu selama satu tahun sepuluh bulan, Fernando Alonso akhirnya dapat mengenyam lagi manisnya start di posisi terdepan pada Formula Satu seri Inggris, Minggu (8/7) ini. Terakhir kali Alonso menempati posisi start terdepan adalah pada F1 seri Singapura, September 2010.

Pebalap tim Ferrari itu meraih posisi terdepan setelah menjadi yang tercepat pada babak akhir kualifikasi. Pertarungan ketat terjadi sampai detik terakhir.

Mark Webber dari tim Red Bull hampir merebut posisi terdepan karena terus memimpin di detik terakhir dengan catatan waktu 1 menit 51,793 detik. Di detik-detik terakhir, Alonso tiba-tiba menyeruak di posisi teratas dengan selisih 0,047 detik lebih cepat dibanding Webber.

Bagi Alonso, yang baru menjadi juara di seri Valencia, posisi terdepan itu sangat penting untuk mempertahankan keunggulan di puncak klasemen. Alonso juga berpeluang menjadi pebalap pertama yang memenangi tiga seri pada musim ini.

Posisi kedua ditempati oleh Webber yang tampil luar biasa sepanjang kuarter keempat. Posisi start ketiga ditempati oleh juara dunia tujuh kali Michael Schumacher dengan selisih 0,274 detik dari Alonso.

Juara bertahan Sebastian Vettel start di posisi keempat dan diikuti Felipe Massa di posisi kelima. Kimi Raikkonen dan Pastor Maldonado mengikuti di urutan keenam dan ketujuh.

Lewis Hamilton sempat bersaing sampai kuarter ketiga, tetapi akhirnya hanya dapat start di urutan kedelapan. Nico Hulkenberg dan Romain Grosjean mengikuti di posisi kesembilan dan kesepuluh.

Babak kualifikasi ini diwarnai hujan deras yang memaksa sesi ini dihentikan saat kuarter kedua masih tersisa enam menit. Babak kualifikasi dilanjutkan setelah terhenti 1,5 jam.

Sebelum dihentikan, Alonso, Massa, dan Schumacher sempat tergelincir karena lintasan sangat licin. Mereka dapat terus mengikuti babak kualifikasi dan Sergio Perez memimpin di atas.

Setelah kembali dilanjutkan, Grosjean mengambil alih posisi terdepan sepanjang kuarter ketiga. Namun, pebalap Perancis itu tergelincir pada awal kuarter keempat.

Rio Haryanto

Penundaan kualifikasi F1 berpengaruh terhadap penyelenggaraan ajang GP2 yang diikuti oleh pebalap Indonesia, Rio Haryanto. Balapan pertama GP2 mundur sehingga saat berita ini diturunkan masih berlangsung di putaran ke-16 dari 29 putaran.

Rio Haryanto yang start di posisi kesepuluh naik ke posisi ketujuh, sampai putaran ke-16. Rio naik dengan cepat karena para pebalap di depannya masuk ke pit. Belum diketahui posisi Rio setelah dia masuk ke pit dan kembali ke lintasan lagi. (AP/AFP/ECA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com