Capai Final, Serena Dekati Gelar Kelima di All England Club

Kompas.com - 05/07/2012, 22:38 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

LONDON, KOMPAS.com — Serena Williams untuk ketujuh kalinya melangkah ke final Wimbledon. Tiket ke partai puncak grand slam lapangan rumput ini diraih setelah dia menang straight set 6-3, 7-6 (8/6) atas pemain nomor dua dunia asal Belarus, Victoria Azarenka, Kamis (5/7/2012).

Di final, peraih empat gelar Wimbledon ini akan bertemu petenis Polandia, Agnieszka Radwanska. Unggulan ketiga ini untuk pertama kalinya melaju ke final sebuah grand slam setelah menang 6-3, 6-4 atas petenis Jerman, Angelique Kerber.

Serena, yang untuk ke-21 kalinya tampil di semifinal grand slam, menunjukkan permainan yang sangat memukau. Servis keras yang menjadi andalannya berhasil dengan sempurna sehingga dia membukukan 24 ace untuk menyingkirkan Azarenka, juara Australia Terbuka 2012.

Pada awal set pertama, Serena dan Azarenka sama-sama bisa mempertahankan servis mereka. Namun, pada gim ketujuh, Serena melakukan break, yang membuat dia tak terbendung lagi untuk menyelesaikan set pertama dengan kemenangan 6-3.

Di set kedua, Azarenka berusaha bangkit. Sempat kehilangan poin di gim kelima karena di-break, Azarenka bisa langsung membalasnya di gim keenam untuk mengubah kedudukan menjadi 3-3. Mereka tak kehilangan poin lagi sampai terjadi tie-break.

Dalam kondisi kritis ini, Serena kembali memperlihatkan kematangannya sebagai petenis bermental juara. Pemain berusia 30 tahun, yang telah mengoleksi 13 gelar grand slam ini, melakukan mini break untuk unggul 7-6 sebelum menyelesaikannya dengan ace dan mengakhiri pertandingan set kedua dengan kemenangan 7-6 tie-break 8-6.

Dengan demikian, selangkah lagi Serena akan mengulangi prestasi tahun 2002, 2003, 2009, 2010, ketika menjadi juara di All England Club. Sementara bagi Azarenka, dia harus menunggu lagi untuk menambah trofi grand slam setelah Australia Terbuka.

Meski demikian, harapan Azarenka untuk menjadi pemain nomor satu dunia tetap terbuka. Jika Radwanska gagal menjadi juara turnamen ini, maka Azarenka dipastikan akan menggeser Maria Sharapova dari peringkat pertama WTA. Tetapi jika sebaliknya, maka Radwanska yang berhak mengkudeta Sharapova, yang tersingkir di babak keempat.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X