Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trianingsih Tunggu "Wild Card" ke Olimpiade London

Kompas.com - 04/07/2012, 16:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Pelari nasional asal Jawa Tengah, Trianingsih, masih menunggu wild card turun pada Olimpiade London, 27 Juli hingga 12 Agustus 2012.

"Setahu saya, PB PASI belum memutuskan siapa yang akan mendapat wild card Olimpiade untuk putri," kata pelari Jateng lain, Agus Prayogo, ketika dihubungi dari Semarang, Rabu (4/7/2012).

Menurut pelari yang sempat mengenyam pelatnas pra-Olimpiade 2012 yang kini juga berlatih di Pengalengan, Kabupaten Bandung, bersama Trianingsih itu, Trianingsih tetap berlatih di bawah asuhan Pelatih Pikaoli dan kakaknya, Ruwiyati.

"Dia (Trianingsih) masih menunggu wild card Olimpiade 2012," kata peraih dua medali emas SEA Games 2011 (5.000 meter dan 10.000 meter putra).

Ia mengatakan, cabang olahraga atletik mendapat kuota dua wild card untuk putra dan putri. Untuk putra, wild card jatuh pada pelari cepat Fernando Lumain.

Penilaian Trianingsih berdasarkan lomba lari maraton (42,195 kilometer) di Bali beberapa waktu lalu. Pada waktu itu, mantan pelari klub Lokomotif Salatiga ini hanya turun pada half marathon (21 kilometer) dan menyentuh garus finis dengan catatan waktu 76 menit atau 1 jam 16 menit.

Catatan waktu terbaik Trianingsih untuk lari maraton adalah 2 jam 31 menit, yang dicapai saat menempati peringkat keempat Asian Games XVI Guangzhou, China, Desember 2010.

Calon penerima wild card lain adalah Dedeh Erawati (lari gawang) dan Maria Natalia Londa (lompat jangkit).

Seperti diwartakan sebelumnya, PB PASI akan membahas dan menentukan wild card atlet ke Olimpiade London 2012 setelah Dedeh Erawati gagal di kualifikasi.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB PASI Budi Darma mengatakan, dengan gagalnya Dedeh, induk organisasi olahraga atletik di Tanah Air ini akan membahas siapa atlet putri yang pantas mendapatkan wild card untuk ke Olimpiade London.

Ia menyebutkan, Dedeh yang mengikuti kejuaraan Asian All Star di Almaty, Uzbekistan, 30 Juni hingga 1 Juli, itu gagal menyentuh limit B Olimpiade. Pada babak kualifikasi lari gawang 100 meter, Dedeh hanya mendapatkan medali perunggu setelah finis di urutan ketiga dengan catatan waktu 13,20 detik.

Trianingsih adalah pelari peraih tiga medali emas pada SEA Games 2011, yaitu dari nomor lari 5.000 meter, 10.000 meter, dan maraton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com