Dovizioso: Yamaha Sangat Cocok untuk Saya

Kompas.com - 28/06/2012, 10:11 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

ASSEN, Kompas.com - Andrea Dovizioso mengakui, motor Yamaha sangat cocok dengan dirinya. Alhasil, mantan pebalap Repsol Honda ini bisa tampil dengan impresif di awal musim 2012, yang membuat sejumlah pihak terkejut.

"Jujur, saya sebenarnya tak berharap bisa secepat ini," ujar pebalap Italia ini di Assen, Rabu (27/6/2012). "Saya pikir, saya bisa dekat dengan podium, tetapi saya tidak pernah mengira finis di podium di Barcelona. Dan jika saya tidak jatuh di Silverstone, tempat kedua berada dalam jangkauanku. Saya kuat di setiap trek, dan motor M1 sangat cocok dengan gaya balapku."

Pindah dari tim pabrik Honda ke tim satelit Yamaha Tech 3, tampaknya merupakan sesuatu yang menakutkan. Tetapi kenyataannya berbeda, karena sejauh ini, masa transisi itu berjalan dengan mulus.

"Ini merupakan musim yang menarik, dan sangat berbeda dengan sebelumnya. Ketika para pebalap komplain tentang sebuah motor yang tidak cocok dengan gaya balap mereka, saya selalu berpikir bahwa mereka mencari alasan. Benar bahwa anda harus beradaptasi, dan juga benar bahwa motor yang tepat membuat anda lebih mudah untuk cepat. Saya menyadari ini bersama Yamaha, karena saya perlu waktu sangat singkat untuk cepat dengannya. Meskipun demikian, untuk 2013, terlalu cepat untuk membicarakannya."

Dovizioso mengakui, masih banyak hal yang harus dikerjakannya. Dengan demikian, dirinya bisa lebih maksimal lagi menunggang M1, sehingga harapannya untuk menjadi tandem Jorge Lorenzo di tim pabrik Yamaha bisa terwujud.

"Masih ada ruang untuk perbaikan. Mengikuti Lorenzo di dua balapan terakhir sangat membantu; saya tahu di mana saya harus melakukan perbaikan. Sejak saya di kelas 250 cc, saya selalu mencoba untuk kuat dalam pengereman. Tetapi dengan M1, anda harus masuk tikungan dengan lebih cepat, menyisakan margin untuk pengereman sehingga menikung lebih cepat. Ini penyesuaian yang kecil, tetapi tidak mudah untuk dilakukan."

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X